Pebisnis didorong lakukan perubahan sosial dan lingkungan

Pebisnis didorong lakukan perubahan sosial dan lingkungan

B Corp Community di Indonesia yang beranggotakan  Danone-AQUA, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP,  kembali menyelenggarakan “B Corp Forum 2019 – Dare to Care: Using Business as a Force for Good”.  (ANTARA/Foto HO B Corp)

untuk semakin peduli akan dampak yang kita berikan terhadap lingkungan dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Para pelaku bisnis di Indonesia didorong untuk menawarkan solusi bagi tantangan sosial dan lingkungan di Indonesia, khususnya di kota kota besar seperti Jakarta, sekaligus membantu pemerintah memenuhi target pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/ SDGs).

“Sangat penting bagi kita, baik secara perseorangan maupun perusahaan, untuk semakin peduli akan dampak yang kita berikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar kita, terutama dengan semakin mendesaknya isu perubahan iklim dan masalah sampah," kata Pricilla Henriette dari B Corp Community Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

B Corp Community Indonesia merupakan komunitas perusahaan dan organisasi dengan visi melakukan operasi bisnis berkelanjutan.

Baca juga: Program warisan dunia UNESCO berkontribusi pada perdamaian, SDGs
 
Pricillia juga menyoroti adanya perubahan perilaku konsumen seperti yang ditunjukkan Global Consumer Confidence Survey yang dilakukan oleh The Conference Board dan Nielsen pada tahun 2017.

Sebanyak 81 persen responden menyatakan dengan tegas bahwa perusahaan harus turut serta dalam usaha menjawab masalah-masalah sosial dan lingkungan.

"Sebagai bagian dari B Corp Community, kami telah sejak lama menyadari pentingnya menjalankan praktik bisnis yang seimbang, yaitu tak hanya berfokus menghasilkan keuntungan semata, melainkan juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial," ujarnya.

Baca juga: Bappenas sebut butuh tindakan besar capai target ambisius SDGs 2030

B Corp Community di Indonesia beranggotakan Danone-AQUA, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP,  telah menyelenggarakan “B Corp Forum 2019 – Dare to Care: Using Business as a Force for Good”.

Setelah sukses diadakan pertama kali pada tahun 2018, forum tahunan ini mengundang lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai entitas, seperti badan pemerintahan, perusahaan rintisan baru, perusahaan swasta, mahasiswa, dan juga pelaku usaha sosial.

Forum ini bertujuan lebih dari sekedar meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi konsumen dan masyarakat.
 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi tegaskan RI siap berkontribusi untuk ASEAN agar SDGs terwujud

Komentar