Jakarta (ANTARA) - John Hisar Simamora, saat ini menjabat Direktur Pengembangan PT Pertamina EP, terpilih menjadi Ketua Umum pengurus Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) Periode 2019 - 2022 menggantikan posisi Tutuka Ariadji.

Kepengurusan IATMI baru yang dinakhodai John Simamora resmi dilantik di Bali pada 28 Oktober 2019. John terpilih dalam Kongres IATMI yang digelar di Jakarta pada Juli 2019.

"Peningkatan aspek keprofesian melalui workshop, training dan sertifikasi oleh pengajar yang berkualitas disertai metode kekinian diharapkan mampu meningkatkan skill dan kompetensi SDM di industri ini," kata John dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Pengurus baru IATMI terdiri dari orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia migas, mulai dari akademisi, regulator, maupun tenaga ahli di KKKS ataupun perusahaan jasa migas, serta kolaborasi antara muka baru dengan pengurus periode sebelumnya. Oleh karena itu mereka dipercaya mampu membawa IATMI menjadi asosiasi keprofesian yang lebih baik lagi.

John mengatakan IATMI akan fokus dalam tiga bidang, yaitu internal, keprofesian, serta kajian dan opini.

Dengan lebih dari 10 ribu anggota yang tersebar di Indonesia maupun mancanegara, penguatan sistem database anggota akan menjadi sangat penting dan IATMI berkomitmen untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota.

Selain itu, IATMI sebagai organisasi keprofesian nirlaba juga berusaha mewadahi berbagi pengetahuan (sharing knowledge) antarperusahaan, tidak hanya dari segi teknikal namun juga menyangkut regulasi.

IATMI membentuk tim-tim keahlian; Reservoir, Produksi, Drilling&Completion, EOR, Ekonomi Migas, Regulasi Migas, dan Riset&Teknologi yang berisikan para pakar di bidang masing-masing sehingga melalui Focus Group Discussion ataupun Technical Discussion yang merupakan agenda rutin setiap bulan, visi IATMI yaitu menjawab tantangan industri migas nasional dapat tercapai.

Berikut susunan Pengurus IATMI 2019-2022

Ketua Umum : John H. Simamora
Wakil Ketua Umum : Andi W. Bachtiar
Sekretaris Jenderal : Hadi Ismoyo
Deputi Bidang Kajian dan Opini : Benny Lubiantara
Deputi Bidang Keprofesian : Waras Budi S
Deputi Bidang Internal : Usman Pasarai



Baca juga: Luhut minta perusahaan migas genjot lifting
Baca juga: Pemda Maluku dorong pemberdayaan SDM lokal di Blok Masela
Baca juga: Praktisi SDM dituntut manfaatkan teknologi secara humanis

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019