Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir lebih tinggi di perdagangan Jumat, menutup pekan penuh gejolak pada catatan positif dengan saham sektor industri, kesehatan dan teknologi informasi sebagian besar meraih keuntungan.

Pada penutupan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 24,00 poin atau 0,36 persen menjadi 6.707,00 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 22,40 poin atau 0,33 persen pada 6.813,50 poin.

"Saham-saham lokal mencari untuk menyelesaikan minggu penuh gejolak dengan catatan tinggi," kata analis pasar Commsec, James Tao kepada investor dalam laporan pasar sore.

"Selama minggu ini, indeks acuan masih turun 2,1 persen dengan aksi jual besar-besaran awal pekan ini di tengah kekhawatiran meningkatnya ketegangan perdagangan antara AS dan China."

Baca juga: Pasar saham Australia bangkit setelah dua hari alami kerugian besar

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melihat hasil yang beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,47 persen, Westpac Bank turun 0,25 persen, National Australia Bank tidak berubah dan ANZ turun 0,45 persen.

Saham-saham pertambangan melemah dengan BHP turun 0,13 persen, Rio Tinto tidak berubah dan Fortescue Metals turun 0,60 persen, namun penambang emas Newcrest naik 0,96 persen.

Saham produsen minyak dan gas sebagian besar lebih rendah dengan Woodside Petroleum naik 0,45 persen, Santos turun 0,61 persen dan Oil Search turun 0,56 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia berakhir jatuh tertekan kekhawatiran perdagangan

Jaringan supermarket terbesar di Australia bervariasi dengan Coles Group turun 0,59 persen dan Woolworths naik 0,89 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 0,27 persen, operator penerbangan nasional Qantas turun 0,28 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 1,19 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia berakhir menguat meski diawali dengan lesu

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019