Dishub DKI rapikan lagi beton MCB di 'u-turn' Jalan Satrio

Dishub DKI rapikan lagi beton MCB di 'u-turn' Jalan Satrio

Petugas Dishub DKI Jakarta merapikan kembali beton pembatas di bawah fly over Satrio melanjutkan penutupan 'u-turn' Jalan Satrio, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019). ANTARA/HO Sudin Perhubungan Jaksel/am.

Jakarta (ANTARA) - Petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta merapikan kembali beton pembatas atau MCB yang menutup 'u-turn' Jalan Satrio, Jakarta Selatan, setelah dibuka paksa oleh sejumlah pengendara.

Dengan menggunakan mobil crane petugas Dishub DKI Jakarta menata kembali beton pembatas yang berada di bawah jalan layang Jalan Satrio, Jumat.

Sebelumnya Dishub DKI Jakarta telah melakukan uji coba penutupan 'u-turn' di bawah fly over Jalan Dr Satrio, mulai Rabu (4/12) bertujuan untuk mengurai kemacetan di wilayah tersebut.

Baca juga: Polres Jaksel amankan pelaku vandalisme MCB Lenteng Agung

Baca juga: MCB akan dipasang di 12 koridor Transjakarta


Namun pada Kamis (5/12) sejumlah pengendara membuka paksa beton pembatas tersebut untuk kembali bisa melintas.

Perbuatan membuka beton pembatas oleh pengendara tersebut terekam kamera netizen yang diunggah di media sosial instagram.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi aturan uji coba penutupan 'u-turn' Jalan Satrio.

"Penutupan ini diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut," kata Budi.

Agar uji coba berjalan, lanjut Budi, pihaknya akan memperkuat personel di lapangan membantu kepolisian melakukan pengawasan dan pengaturan lalu lintas di lokasi.

"Harapannya masyarakat dapat mematuhi peraturan yang berlaku jika melanggar akan diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku," kata Budi menegaskan.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba penutupan 'u-turn' atau tempat untuk putar balik di bawah jalan layang (fly over) Jalan Satrio, Jakarta Selatan mulai Rabu (4/12).

Adapun tujuan penutupan tempat putar balik tersebut adalah untuk mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi di kolong 'u-turn bawah 'fly over' Satrio, Jakarta Selatan.

Rencanya uji coba tersebut akan diberlakukan selama satu bulan, selanjutnya akan dievaluasi sebelum diberlakukan uji coba dan rekayasa lalu lintas, pemasangan spanduk di lokasi sebelum 'on ramp' atau jalan penghubung Satrio juga dilakukan sebagai sosialisasi kepada pengguna jalan.

Bagi pengguna jalan yang akan berputar dari arah timur ke arah timur naik ke 'fly over' Satrio dapat menggunakan putar balik atau 'u-turn City Walk'.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dishub DKI kurangi usulan anggaran jalur sepeda

Komentar