Wilayah pesisir Papua Barat terus didorong pertumbuan ekonominya

Wilayah pesisir Papua Barat terus didorong pertumbuan ekonominya

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyerahkan bantuan kepada masyarakat pesisir Kota Sorong, Jumat (6/12/2019). (FOTO ANTARA/Toyiban)

Program bantuan digelontorkan sebagai stimulan agar usaha masyarakat semakin maju
Sorong, Papua Barat (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat terus mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi kelautan di daerah setempat.

Untuk mewujudkan itu, pada Jumat, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyerahkan bantuan berupa perahu dan motor tempel, tenda metic serta payung bagi masyarakat pesisir di Kota Sorong.

"Program bantuan digelontorkan sebagai stimulan agar usaha masyarakat semakin maju," katanya.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemprov Papua Barat membantu perahu fiber, motor tempel 15 PK serta pemasangan lampu solar sel. Semua bantuan itu sebagai stimulan dan ke depan kelompok nelayan bisa mengembangkan usahanya.

Sementara dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat bantuan diberikan berupa tenda matic sebanyak 114 buah serta payung 212 buah.

Selain Kota Sorong, kata gubernur, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, Pemprov Papua Barat juga membantu 42 unit perahu fiber serta mesin tempel bagi para nelayan di Kabupaten Raja Ampat.

Melalui bantuan tersebut, gubernur menginginkan usaha perikanan maupun usaha lain di wilayah pesisir berkembang.

"Harus ada keberlanjutan, usahanya harus berkembang dan punya nilai tambah. Maka dibutuhkan kreativitas serta inovasi dalam menjalankan usaha. Bantuan ini cuma sebagai stimulan," katanya.

Dominggus Mandacan juga menegaskan agar masyarakat memanfaatkan bantuan tersebut semaksimal mungkin. "Tidak boleh dimanfaatkan segelintir orang bahkan menjualnya kepada orang lain," katanya.

Baca juga: Kelola bentang laut, 20 lembaga lokal Papua Barat terima dana BAF

Baca juga: Mangrove di Pesisir Sorong ditanam bersama warga dan TNI-AL

Baca juga: Kontribusi "Kota Senja" Untuk Lingkungan Laut Dimulai

Pewarta: Toyiban
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polda Papua Barat tangkap tiga pelaku penjual senjata api ilegal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar