New Clark City, Filipina (ANTARA) - Setelah turun di nomor maraton SEA Games 2019 di New Clark City, Filipina, pada Jumat pagi, Agus Prayogo memiliki waktu istirahat hanya satu hari sebelum menjalani balapan selanjutnya di nomor 10.000m putra Sabtu yang digelar sore.

"Sebenarnya pada SEA Games kali ini saya latihan untuk fokus ke nomor 5.000m, 10.000m dan maraton. Karena jadwal yang kurang menguntungkan untuk saya, sehingga maraton hari pertama, setelah itu besok sore langsung nomor 10.000m sehingga saya harus fokus di nomor maraton dan alhamdulillah saya bisa membawa pulang medali emas ini untuk Indonesia," kata Agus seusai dikalungi medali emas nomor maraton putra, Jumat.

Di pagi hari yang terik itu, Agus menyelesaikan lomba sepanjang 42km lebih tersebut dalam waktu dua jam 26 menit 48 detik, mengibarkan bendera Merah Putih di atas pundaknya jelang finis sebagai juara.

Baca juga: Cuaca dan jadwal tak bersahabat tantangan utama bagi Agus Prayogo

Atlet Thailand Sanchai Namkhet finis kedua 30 detik berselang untuk medali perak. Muhaizar Mohamad dari Malaysia finis lima menit 50 detik kemudian untuk melengkapi podium dengan medali perunggu.

Besok Agus akan langsung turun di nomor 10.000m yang akan start pukul 18:10 waktu setempat.

"Kalau di SEA Games sebelumnya di Kuala Lumpur, maraton memang hari pertama tapi untuk event berikutnya saya masih ada waktu lima hari untuk recovery. Sedangkan di Filipina ini besok sore langsung 10.000m, saya pikir itu kurang recovery buat saya, tapi saya akan lakukan yang terbaik."

Baca juga: Agus Prayogo persembahkan emas pertama atletik untuk Indonesia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019