SEA Games 2019

Indonesia amankan dua perak saat Singapura panen emas renang hari ke-3

Indonesia amankan dua perak saat Singapura panen emas renang hari ke-3

Perenang Indonesia Farrel Armandio Tangkas meraih medali perak nomor 200m gaya punggung putra SEA Games 2019 yang digelar di New Clark City Aquatic Center, Filipina, Jumat (6/12/2019) (ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono)

New Clark City, Filipina (ANTARA) - Indonesia hanya mengamankan dua medali perak pada hari ketiga pelaksanaan cabang renang SEA Games 2019 di New Clark City Aquatic Center, Filipina, Jumat petang di saat Singapura panen tiga medali emas.

Tambahan dua perak bagi Indonesia disumbangkan oleh Farrel Armandio Tangkas di nomor 200m gaya punggung putra dan Nurul Fajar Fitriyatidi nomor 200m gaya punggung putri.

Farrel yang merupakan perenang muda berusia 18 tahun itu finis kedua dengan waktu 2:02,75 detik, 2,690 detik setelah Zheng Wen Quah asal Singapura, yang telah mengemas empat emas di Filipina. Perunggu nomor itu diraih Hoe Yean Khiew asal Malaysia.

Baca juga: Glenn Victor soal tantangan terberat terjun di kolam SEA Games 2019

"Puji Tuhan masih bisa dikasih perak, kalau waktunya masih belum berikan yang terbaik tapi masih oke untuk SEA Games pertama... Ini SEA Games pertama jadi masih ada rasa gugupnya," kata Farrel usai lomba.

Kemudian Nurul Fajar Fitriyati meraih medali perak kedua bagi Indonesia hari itu di nomor 200m gaya punggung putri dengan catatan 2:17,84 lebih lambat 2,520 detik dari Ahn Vien Nguyen Thi asal Vietnam di peringkat pertama, sedangkan Kennedy Anne Isleta Chloe dari Filipina finis ketiga.

Ahn Vien Nguyen Thi membawa pulang emas kedua bagi Vietnam hari itu dari nomor 200m gaya bebas putri. Sementara Ressa Kania Dewi hanya mampu finis peringkat ke-8 di nomor tersebut.

Emas kedua Singapura hari itu didapat oleh Joshep Isaac Schooling dengan waktu 51,84 detik mengalahkan Quah dengan terpaut sangat tipis 0,03 detik dan Nguyen Paul Le asal Vietnam untuk merajai nomor 100m gaya kupu-kupu putra. Atlet Indonesia Glenn Victor Sutanto hanya finis di peringkat keenam.

Baca juga: Tambah empat medali dari renang, Indonesia lewatkan emas di hari kedua

Tim renang Singapura juga berjaya di nomor 4x100m gaya bebas estafet putra yang diperkuat Shou Darren Yi Chua/Eu Jin Tan Jonathan/Zheng Wen Quah/Joseph Schooling di peringkat pertama dengan waktu 3:16,82 menaklukkan tim Filipina dan Vietnam yang terpaut hingga enam detik di belakang, yang  berhak atas perak dan perunggu.

Sementara itu Malaysia mengamankan satu medali emas dari nomor 50 gaya dada putri lewat Jinq En Phee dengan waktu 31,40 detik mengalahkan Ard Jenjira Srisa asal Thailand dan May Mun Ee Chue Christie dari Singapura.

Hingga hari ketiga, Indonesia telah mengumpulkan empat perak dan lima perunggu sedangkan Singapura memimpin perolehan medali sementara cabang renang dengan 11 emas, empat perak dan dua perunggu.

Baca juga: Aldila awali perburuan emas, renang berharap pada atlet muda

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kilas Balik 2019 - Desember: Dari prestasi Indonesia di SEA Games 2019 hingga peresmian tol pertama Kalimantan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar