Sepekan, Jakarta aman pascaledakan hingga kota terbaik transportasi

Sepekan, Jakarta aman pascaledakan hingga kota terbaik transportasi

Suasana Monas yang tetap beroperasi normal pascaledakan granat asap, Selasa pagi (3/12/2019). ANTARA/Livia Kristianti/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada sepekan Senin (2/12) hingga Jumat (6/12) disiarkan ANTARANews.com dan mungkin masih dapat dibaca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. Ledakan di Monas, Anies yakin Jakarta aman

Pascaledakan yang terjadi di Monas pada Selasa pagi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakinkan bahwa kondisi kota Jakarta masih aman dan kondusif hingga saat ini.

"Secara umum ini aman. Kejadian itu (ledakan) lebih seperti insiden," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (3/12).

Namun demikian, ketika ditanyakan mengenai aspek keamanan yang dilakukan menyusul kejadian yang berada di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya tersebut, Anies menyatakan hal itu adalah ranah dari pihak keamanan.

Baca selengkapnya disini

2. Anies nyatakan tidak ada pemotongan anggaran prioritas untuk Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tidak ada pemotongan anggaran-anggaran prioritas dalam rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2020 untuk pembiayaan Formula E.

"Tidak, tidak begitu, masing-masing sudah ada posnya," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (3/12).

Anies mencontohkan anggaran pada pos bidang pendidikan yang tereduksi hingga menyebabkan batalnya rehabilitasi 30 bangunan sekolah yang disebutnya merupakan penyederhanaan.

Baca selengkapnya disini

3. TGUPP tuai kritikan, Anies: Serapan dan program adalah buktinya

Menyusul Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) menuai kritikan dari anggota DPRD DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa serapan anggaran dan program yang ada merupakan buktinya.

"Begitu anda melihat misalnya, serapan yang berjalan dengan baik, program yang berjalan dengan baik, itu adalah hasil kerja," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (4/12).

TGUPP, kata Anies, bertugas dalam pengawasan kinerja jajaran eksekutif Pemprov DKI Jakarta agar serapan dan program yang berjalan bisa sesuai dengan rencana yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Baca selengkapnya disini

4. Jakarta kota terbaik di dunia dalam perbaikan transportasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengumumkan prestasi yang diraih oleh Jakarta baru-baru ini, yakni sebagai satu dari tiga kota terbaik di dunia dalam perbaikan transportasi.

"Ini pengumuman awal, karena 'award'-nya diberikan Januari besok, satu dari kota terbaik di dunia dalam perbaikan transportasi," kata Anies saat menghadiri peluncuran inovasi layanan E-TLE Development Program Polda Metro Jaya, Kamis (5/12).

Menurut Anies, capaian ini adalah hasil dari kerja bersama semua pihak, terutama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kepolisian dalam penyediaan transportasi publik yang terintegrasi serta layanan penindakan berbasis teknologi.

Baca selengkapnya disini

5. Rapat Komisi C DPRD DKI ditunda karena perdebatan sesama anggota dewan

Rapat Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta ditunda karena terjadi perdebatan sengit antarsesama anggota dewan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (5/12) malam.

Perdebatan sengit itu terjadi antara anggota Fraksi PDI Perjuangan Cinta Mega dengan anggota Fraksi PSI Anthony Winza ketika komisi sedang membahas anggaran Penyertaan Modal Daerah dengan PDAM.

Saat itu, Cinta meminta Anthony untuk tidak menyebarluaskan pembahasan rapat kepada media. Hal itu langsung ditanggapi oleh Anthony dengan nada tinggi.

Baca selengkapnya disini

6. Satpol PP temukan dagangan PKL dalam Pos Damkar Tanah Abang

Menyusul penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di depan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanah Abang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menyebut barang dagangan PKL ditemukan tersimpan di dalam pos.

"Hari ini kita sudah bersihkan dan cek. Ternyata mereka menyimpan barang dagangannya di dalam pos, di belakang mobil damkar," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (6/12).

Atas temuan jajarannya tersebut, Arifin mengharapkan petugas Damkar yang bertugas di pos tersebut dan pos lainnya yang berpotensi terjadi kasus serupa, agar lebih aktif melakukan langkah antisipasi menjaga posnya.

Baca selengkapnya disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ledakan granat di Monas, Jubir Presiden: Istana aman

Komentar