BPBD Lebak salurkan logistik korban banjir bandang

BPBD Lebak salurkan logistik korban banjir bandang

Sejumlah warga yang rumahnya roboh mengungsi di tenda BNPB di Kampung Jompang Cikoneng, Cimarga, Lebak, Banten, Kamis (9/5/2019) malam. ANTARA/Bagus Khoirunas

Kita berharap warga korban banjir bandang bisa kembali ke rumah masing-masing setelah air banjir surut
Lebak (ANTARA) - Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyalurkan bantuan logistik bagi korban bencana banjir bandang di Kecamatan Cibeber dan Bayah untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak bencana.

"Kami berharap bantuan logistik itu berupa bahan pokok dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Sabtu.

Penyaluran bantuan logistik itu diberikan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa dan serangan penyakit menular.

Baca juga: BPBD Lebak catat 180 rumah terendam banjir
Baca juga: BPBD Lebak utamakan penyelamatan korban banjir bandang di 2 kecamatan


Selain itu juga BPBD Lebak mendirikan tenda pengungsian di sejumlah titik untuk menampung masyarakat yang mengungsi dari rumah mereka.

BPBD Lebak juga mendirikan dapur umum juga posko kesehatan dengan kerja sama Dinas Kesehatan.

Selama ini, kondisi masyarakat yang diterjang banjir bandang di Kecamatan Cibeber dan Bayah terpenuhi kebutuhan konsumsi aneka makanan.

"Kami memprioritaskan penyaluran bantuan logistik pascapenanganan bencana untuk mengurangi risiko kebencanaan," katanya.

Baca juga: Satgas BPBD diturunkan ke lokasi banjir bandang Cibeber dan Bayah
Baca juga: Kawasan Kertasari Kabupaten Bandung diterjang banjir bandang


Menurut dia, penyaluran bahan pokok itu antara lain beras, minyak, makanan siap saji, kecap, minuman kemasan, gula, tikar juga peralatan dapur. Selain itu juga memberikan pakaian bekas layak pakai dan selimut.

BPBD juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Ketahanan Pangan, DPUPR, Polri, TNI, PMI, relawan dan PLN.

"Kita berharap warga korban banjir bandang bisa kembali ke rumah masing-masing setelah air banjir surut," katanya.

Sejumlah warga korban banjir bandang mengaku bahwa mereka merasa lega setelah menerima bantuan beras dan bahan pokok lainnya dari BPBD Lebak.

"Kami sangat memerlukan bantuan karena bahan pokok yang ada di rumah tergenang banjir," kata Usman, warga Desa Suwakan Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.

Baca juga: Banjir menimbulkan genangan hingga 1,5 meter di Belitung
Baca juga: BPBD Babel kerahkan tim tangani banjir Belitung

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres RI minta pengungsi banjir bandang Lebak bersabar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar