Sosialisasi Geopark Bangka Barat perlu digencarkan

Sosialisasi Geopark Bangka Barat perlu digencarkan

Tim ahli sedang melakukan kajian di salah satu lokasi "Geopark Bangka Barat". (babel.antaranews.com/ Donatus DP)

Mentok, Babel (ANTARA) - Sosialisasi rencana pembangunan Geopark Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perlu terus digencarkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa ikut berperan di dalamnya.

"Sosialisasi perlu terus dilakukan hingga ke pelosok agar warga bisa berperan aktif dan mendukung upaya pembangunan pariwisata berbasis kekayaan sumber daya alam yang ada di sekitarnya," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Sabtu.

Baca juga: LSM Laskar Hijau sosialisasi rencana pembangunan geopark

Menurut dia, rencana pembangunan geopark atau taman bumi di Bangka Barat perlu terus didorong seluruh pihak, baik masyarakat maupun lembaga dan instansi pemerintah karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah.

Penetapan Kabupaten Bangka Barat sebagai kawasan geopark atau taman bumi sudah cukup memenuhi syarat karena di daerah itu memenuhi sejumlah kriteria yang disyaratkan, yaitu keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodiversity) dan keanekaragaman budaya (culturaldiversity).

"Kami juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang selama ini telah memulai upaya penetapan Geopark Bangka Barat," ujarnya

Ia menyarankan agar LSM, perusahaan, dinas terkait dan seluruh elemen yang memahami rencana pembangunan geopark untuk terus memberikan informasi yang benar agar masyarakat semakin paham tugas dan perannya.

"Butuh kerja sama dan saling koordinasi secara berkelanjutan untuk mewujudkan Bangka Barat menjadi sebuah situs geopark, antara pemerintah, masyarakat, tenaga ahli, dan kelompok masyarakat," katanya.

Baca juga: LSM Laskar Hijau survei awal pengembangan Geopark Bangka Barat
Baca juga: Laskar Hijau awali pembangunan Geopark Bangka Barat
Baca juga: Dishut Babel akan bangun "geological park" Bukit Penyabung

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar