31 pelaku industri pariwisata peroleh Anugerah Adikarya Wisata 2019

31 pelaku industri pariwisata peroleh Anugerah Adikarya Wisata 2019

Malam pemberian penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 kepada para pelaku industri pariwisata di Ibu Kota yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (6/12/2019) malam (Dokumentasi Disparbud DKI Jakarta)

Adikarya Wisata merupakan menjadi kebanggaan bagi pelaku usaha, institusi, dan tenaga kerja pada usaha pariwisata untuk memacu daya saing
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 31 pelaku industri pariwisata di ibu kota memperoleh penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Alberto Ali di Jakarta, Sabtu, mengatakan penghargaan diberikan kepada bidang usaha pariwisata dan jasa terkait yang telah berkontribusi nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta kepada masyarakat Indonesia dan wisatawan mancanegara.

"Adikarya Wisata merupakan menjadi kebanggaan bagi pelaku usaha, institusi, dan tenaga kerja pada usaha pariwisata untuk memacu daya saing dan meningkatkan kualitas. Acara ini juga menjadi pembuktian dan harapan baru untuk pariwisata Jakarta,” ujarnya.

Tahun ini merupakan tahun ke-21 penyelenggaraan, sejak penghargaan tersebut diselenggarakan pertama kali pada 1991.

Adikarya Wisata 2019 merupakan penghargaan yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 tahun. Malam penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 diselenggarakan pada 6 Desember 2019.

Penghargaan Adikarya 2019 menetapkan 31 kategori penghargaan dari 13 bidang industri pariwisata dan industri pendukung pariwisata untuk tahun ini.

Kategori tersebut adalah Akomodasi, Restoran, Jasa Boga/Catering, Bar & Lounge, Spa, Hiburan & Rekreasi, Kawasan Pariwisata, Usaha Jasa Pariwisata, Maskapai Penerbangan, Transportasi Darat, Atraksi Buatan, Diklat Pariwisata, dan Media Elektronik.

Dari pemenang 31 kategori diantaranya untuk Kategori Akomodasi Hotel Bintang 5 Grand Hyatt Jakarta, Kategori Restoran - Indonesia Formal Dining diraih Bunga Rampai Menteng, Kategori Restoran – Indonesia - Tradisional diraih Tesate Menteng, Kategori Jasa Boga/Katering diraih Mardika Catering, dan Kategori Kawasan Pariwisata diraih Taman Mini Indonesia Indah.

Kemudian Kategori Jasa Pariwisata – Balai Pertemuan adalah JI Expo Kemayoran, Kategori Hiburan & Rekreasi – Sarana Rekreasi Keluarga adalah Jakarta Aquarium, Kategori Maskapai Penerbangan diraih Garuda Indonesia, Kategori Transportasi Darat – Bus Wisata diraih Big Bird, Kategori Atraksi Buatan – Museum yakni Museum Macan.

Kategori Unsur Pendidikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata yakni SMK 57 Jakarta, Kategori Unsur Pendidikan untuk Sekolah Tinggi Pariwisata yakni Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, sedangkan untuk Media Massa yakni Liputan 6.com dan TVRI.

Dewan juri terdiri dari pakar di bidang pariwisata, dosen, dan hotelier, sepakat untuk meneruskan semangat mempromosikan Kota Jakarta dengan memilih pelaku usaha, usaha jasa, institusi, dan tenaga kerja, yang mampu berkontribusi nyata serta memberikan solusi kreatif dan inovatif.

Ketua Juri Adikarya Wisata 2019 Thamrin Bachri mengatakan Adikarya Wisata 2019 dapat menjadi motivasi bagi para pelaku usaha di industri pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas supaya dapat mempertahankan bahkan memperkuat branding Enjoy Jakarta.

"Hotel yang bersih, ramah lingkungan, ikut mendukung pelestarian budaya, hingga menyesuaikan servis dengan kebutuhan konsumen merupakan bentuk kepedulian terhadap branding dan dapat membantu meningkatkan kepuasan turis yang berkunjung ke Jakarta," katanya.

Baca juga: Dishub DKI upayakan tempat pariwisata manfaatkan odong-odong

Baca juga: Pemprov DKI gelontorkan dana 1.7 M dukung Jakarta Dance Carnaval 2019


 

Pewarta: Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Konser musik yang mengangkat industri pariwisata Lombok

Komentar