Tripoli, Libya (ANTARA) - Militer AS percaya bahwa satu pesawat tanpa awak milik Amerika yang dilaporkan hilang di dekat ibu kota Libya bulan lalu kenyataannya ditembak-jatuh oleh pertahanan udara Rusia, kata Komando AS di Afrika.

Komando tersebut menuntut dikembalikannya puing "drone" itu. Penembakan seperti itu akan mempertegas peran kekuatan Moskow yang meningkat di negara yang kaya akan energi tersebut. Di sana, tentara bayaran Rusia dilaporkan ikut-campur atas nama komando yang berpusat di Libya Timur Khalifa Haftar dalam perang saudara di Libya.
Baca juga: AS tuding Rusia bangun sistem pertahanan udara di Ukraina
Haftar telah berusaha merebut Ibu Kota LIbya, Tripoli, yang kini dikuasai oleh Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) --yang diakui masyarakat internasional.

Jenderal Angkatan Darat AS Stephen Townsend, yang memimpin komando Afrika, mengatakan ia percaya operator pertahanan udara pada saat itu "tidak tahu itu adalah pesawat milik AS yang dikendalikan dari jauh ketika mereka menembaknya".

"Tapi mereka tentu tahu siapa pemiliknya sekarang dan mereka menolak untuk mengembalikannya. Mereka mengatakan mereka tidak tahu di mana itu tapi saya takkan tertipu," kata Twonseng di dalam satu pernyataan kepada Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu. Tapi ia tidak memberi perincian.
Baca juga: Insiden di Laut China Selatan, drone Amerika dikembalikan China
Penilaian AS tersebut, yang sebelumnya tidak diungkapkan, menyimpulkan bahwa baik operator militer swasta Rusia maupun pasukan Haftar, yang bernama Tentara Nasional Libya, mengoperasikan sistem pertahanan udara pada saat "drone" itu dilaporkan hilang pada  21 November, kata Juru Bicara Komando Afrika, Kolonel Angkatan Udara Christopher Karns.

Karns mengatakan Amerika Serikat percaya operator pertahanan udara menembak pesawat AS itu setelah "keliru mengiranya 'drone' oposisi".
Baca juga: AS minta LNA Haftar berhenti menyerang Tripoli
Seorang pejabat GNA mengatakan kepada Reuters bahwa tentara bayaran Rusia tampaknya bertanggung-jawab.

Pemerintah Rusia menolak mereka menggunakan kontraktor militer di ajang militer asing dan mengatakan setiap warga sipil Rusia yang mungkin berperang di luar negeri adalah tenaga sukarela.

Sumber: Reuters
Baca juga: GNA: Haftar datangkan pasukan asing untuk serang Tripoli

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019