Jambore Nasional MBClubINA diharapkan dorong pertumbuhan pariwisata

Jambore Nasional MBClubINA diharapkan dorong pertumbuhan pariwisata

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Regional II, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Fahmizal Usman pada pembukaan Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia (MBClubINA) ke-14 di Plataran Candi Prambanan Yogyakarta (Foto ANTARA/Hery Sidik)

kegiatan besar yang dilaksanakan di Candi Prambanan ini tentunya dapat memiliki efek positif kepada destinasi-destinasi pariwisata Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Yogyakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengharapkan Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia (MBClubINA) ke-14 yang dipusatkan di Pelataran Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia.

"Tentunya kegiatan ini lebih mendorong tumbuh kembang pariwisata Indonesia, dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat," kata Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Regional II Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Fahmizal Usman di Candi Prambanan Yogyakarta.

Dalam sambutan pembukaan Jambore Nasional MBClubINA tersebut, ia mengatakan, apalagi Candi Prambanan sebagai lokasi event yang dihelat salah satu klub terbesar di Indonesia ini telah menjadi bagian dari salah satu destinasi prioritas pariwisata Indonesia di kawasan Jogjosemar (Yogyakarta, Solo dan Semarang).

Oleh karena itu, kata dia, salah satu event yang dihadiri ribuan penggemar mobil dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari negara tetangga ini akan terus didorong pelaksanaannya pada tahun-tahun mendatang, sebab dapat menjadi ajang promosi pariwisata Tanah Air.

"Tentunya ke depan kami dari pemerintah dari Kemenpar dan Ekonomi Kreatif berharap bahwa kegiatan seperti ini bisa sering dilaksanakan lagi di Indonesia yang tentunya dapat lebih mempromosikan banyak destinasi pariwisata Indonesia yang ada," katanya.

Baca juga: Komunitas Mercedes Benz turing keliling Kalimantan

Apalagi, menurut dia, kegiatan besar yang dilaksanakan di Candi Prambanan ini tentunya dapat memiliki efek positif kepada destinasi-destinasi pariwisata Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Kami terus mendorong agar kegiatan ini mendapat dukungan dari segenap masyarakat dan pemerintah agar bisa menjadi lebih baik dan besar lagi. Sekali lagi apresiasi kami sampaikan kepada Mercedes-Benz Club untuk kegiatannya dan ke depan dapat ditingkatkan dan diperbanyak," katanya.

Ia berharap kegiatan ini akan berdampak baik bagi kemajuan pariwisata ke depan dan bermanfaat positif bagi ekonomi masyarakat setempat, katanya.
Pembukaan Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia (MBClubINA) ke-14 di Plataran Candi Prambanan Yogyakarta, Sabtu (7/12/2019) ditandai dengan pemukulan alat musik bersama-sama (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Nasional MBClubINA ke-14 Fergie Praditya mengatakan kegiatan akbar Jambore Nasional ke-14 di DIY yang dilaksanakan dari 6 sampai 8 Desember 2019 tersebut dihadiri sebanyak 2.000 sampai 3.000 peserta atau member dari 90 club Mercedes-Benz di berbagai daerah di Tanah Air.

Baca juga: Mercedes-Benz akan PHK 10.000 karyawan secara bertahap

"Konvoi kendaraan mercedez-benz dari berbagai klub dan berbagai kota memeriahkan Plataran Candi Prambanan Yogyakarta, yang menjadi lokasi utama event tersebut, dengan kehadiran sebanyak 2.000 sampai 3.000 peserta dari 90 club," katanya.

Dia menambahkan, pada Minggu atau hari terakhir event akan diadakan Club Gathering yang bertujuan memperkuat dan menjalin hubungan baik antaranggota  club di bawah naungan Mercedes-Benz Club.

"Tentu ini akan menjadi ajang temu kangen anggota klub antar-kota, bahkan antarnegara, juga sebagai ajang rekreasi keluarga dan menikmati kuliner. Dan tentunya menunjukkan kepada para seluruh peserta Jambore Nasional mengenai keindahan pariwisata DIY," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar