BMKG: Waspadai hujan sebabkan banjir dan longsor di Sumatera Utara

BMKG: Waspadai hujan sebabkan banjir dan longsor di Sumatera Utara

PASCABANJIR BANDANG KABUPATEN BANDUNG. Warga membersihkan lumpur yang menutupi jalan pascabanjir bandang di Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2019). Sedikitnya 20 rumah dan lahan pertanian di kawasan tersebut mengalami kerusakan serta terendam lumpur akibat banjir bandang yang terjadi pada Jumat (6/12) lalu. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/hp.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah Sumatera Utara.

Menurut BMKG dalam situs www.bmkg.go.id, hujan yang terjadi di wilayah lereng barat dan pegunungan di Sumatera Utara berpotensi menyebabkan banjir hingga longsor.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG, seluruh wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan mulai Minggu siang hingga malam.

Adapun hujan lebat diperkirakan terjadi di empat wilayah Sumatera Utara, yakni Dolok Sanggul, Pandan, Salak dan Sibolga pada Minggu malam.

Baca juga: BMKG imbau pengelola resort batasi aktivitas di laut

Baca juga: Satgas BPBD diturunkan ke lokasi banjir bandang Cibeber dan Bayah

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cerita Komunitas Peduli Ciliwung bersihkan sungai selama 10 tahun

Komentar