Pontianak (ANTARA) - Atlet Sambo asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat Erik Gustam mengaku bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk cabang olahraga Sambo di SEA Games 2019 Filipina bersama timnya.

"Saya main beregu mixed team 5 on 5. Pada semifinal kita berhasil mengalahkan Singapura dan di final pertarungan sengit melawan Thailand. Alhamdulillah berhasil kita tumbangkan. Total ada 4 emas di cabang olahraga Sambo," kata Erik Gustam  dihubungi di Filipina, Minggu.

Baca juga: Emas panahan di SEA Games pertama Arif Pangestu

Atas prestasi yang ada ia mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Pengprov Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalbar dan camp tempat latihannya 11fightcamp.

"Terima kasih pelatih, pengurus, kedua orang tua, istri, dan anak tercinta, serta seluruh keluarga dan sahabat semuanya. Terimakasih masyarakat Indonesia dan Kalbar khususnya," ucap dia.

Menyinggung dukungan pemerintah daerah secara resmi, baik dari KONI maupun Disporapar, Erik mengaku masih minim. "Sampai saat ini belum ada pejabat daerah atau terkait yang menghubungi atau bertemu dengan saya," katanya.

Baca juga: Yayah dan Julianti raih emas rowing lightweight pair schuls

Pria asal Jeruju Pontianak tersebut saat ini berusia 34 tahun. Dulu Erik merupakan atlet Judo, bahkan pada 2014 ia berlaga di Porprov Kalbar.

Dan, pada 2018 Erik fokus ke Sambo, berlaga di Porprov 2018 hingga menjadi atlet delapan besar kejuaraan Sambo Asia di India September 2019.

Sebelum berangkat untuk berlaga di Filipina, Erik dan seluruh atlet bertemu Presiden Jokowi di Istana. Erik juga berkesempatan bertemu Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia.

Baca juga: Indonesia kokoh di posisi dua klasemen medali SEA Games 2019

Baca juga: Kemenpora tak menduga Indonesia lampaui target emas SEA Games 2019


SEA Games 2019 Filipina berlangsung pada 30 November-11 Desember 2019. Saat ini kontingen Indonesia kokoh di posisi kedua klasemen perolehan medali SEA Games 2019 Filipina, Minggu, setelah ada tambahan emas dari menembak, perahu naga, rowing, dan panahan.

Berdasarkan data dari Headquarter Indonesia per pukul 12.00 waktu setempat, ada tambahan lima medali emas sehingga total 56 emas, 52 perak dan 66 perunggu. Sedangkan posisi pertama tetap dipegang tuan rumah Filipina dengan 92 emas, 69 perak dan 70 perunggu. Di posisi tiga Vietnam dengan 49 emas, 52 perak, 70 perunggu.

Pewarta: Dedi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019