Listyo Sigit Kabareskrim, Lemkapi: Sosok sederhana dan tegas

Listyo Sigit Kabareskrim, Lemkapi: Sosok sederhana dan tegas

Direktur Eksekutif Lemkapi Dr. Edi Saputera Hasibuan (populer Edi Hasibuan) juga mantan anggota Kompolnas RI. ANTARA/Kodir

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai Irjen Polisi Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri adalah sosok yang sederhana dan tegas.

"Kapolri tepat pilih Listyo, perwira tinggi muda yg sederhana dan segudang prestasi," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr. Edi Saputra Hasibuan saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut Edi Saputra Hasibuan, soal kesederhanaan tak perlu diragukan sebab Listyo semasa menjabat Kadiv Propam Polri yang mengeluarkan aturan yang melarang anggota Polri bergaya hidup mewah.

Larangan bergaya hidup mewah itu, lanjut dia, merupakan terobosan karena polisi merupakan aparat penegak hukum dan pelindung masyarakat yang harus memberikan teladan yang baik.

Baca juga: Lemkapi: Hidup sederhana anggota Polri tingkatkan kepercayaan publik

Baca juga: Lemkapi: Idham Aziz sebagai calon Kapolri tunjukkan regenerasi Polri


"'Kan dia (Listyo) yang menggagas itu, larangan hedonis bagi anggota Polri. Saya rasa cuma dia yang berani mengeluarkan (aturan) itu," kata pengajar Universitas Bhayangkara Jakarta itu.

Artinya, kata dia, ketegasan Listyo pun tidak perlu dipertanyakan dengan keberaniannya menerbitkan telegram larangan bergaya hidup mewah tersebut.

Diakui Edi, Listyo merupakan sosok yang masih muda yang memiliki kemampuan dengan pengalamannya selama lebih dari 10 tahun di dunia reserse.

Seiring dengan itu, Edi juga yakin Listyo mampu menyelesaikan berbagai kasus yang selama ini menjadi pekerjaan rumah dan harus segera diselesaikan Bareskrim Polri.

"Apa saja, kasus yang selama ini belum tuntas. Kami yakin Listyo akan mampu menjawab harapan masyarakat. Kami yakin Bareskrim baru dan timnya akan mampu menuntasksn kasus yang menjadi perhatian publik," kata Edi.

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis akhirnya menunjuk Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kabareskrim Polri.

Hal ini tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/3229/XII/KEP./2019 tanggal 6 Desember 2019.

Baca juga: Listyo Sigit Prabowo, mantan Ajudan Jokowi pimpin Kabareskrim

Baca juga: Penyelesaian kasus Novel pertaruhan Kabareskrim baru

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polisi tangkap dua penyiram air keras Novel Baswedan

Komentar