Pemkab Bangka Tengah bertekad jadi kabupaten organik 2021

Pemkab Bangka Tengah bertekad jadi kabupaten organik 2021

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menghadiri acara temu lapang dengan para petani dan penyuluh, Minggu (8/12/2019). ANTARA/Ahmadi

mendorong semua petani mengurangi menggunakan pupuk kimia dan beralih kepada pupuk organik
Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertekad menjadikan daerah itu sebagai kabupaten organik pada 2021.

"Pada 2021 daerah ini harus menjadi kabupaten organik dengan mendorong semua petani mengurangi menggunakan pupuk kimia dan beralih kepada pupuk organik," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ibnu Saleh mengatakan itu dalam kegiatan temu lapangan antara petani dan penyuluh di Desa Namang dalam rangka meningkatkan produksi pertanian.

"Petani kalau ingin maju harus mengubah pola tanam, terutama penggunaan pupuk dan bibit harus benar-benar tepat," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah bekali petani Aceh Tengah tentang budidaya kopi organik
Baca juga: Sultan katakan petani organik harus bangun jaringan pemasaran


Pemkab Bangka Tengah pada 2020 sudah mulai mencanangkan penggunaan pupuk organik kepada para petani di daerah itu.

"Kami sedang mengupayakan pembangunan pabrik pupuk khusus organik untuk memenuhi kebutuhan pupuk para petani dengan harga lebih terjangkau," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah terus menyalurkan bantuan bibit unggul terutama kepada petani komoditas lada untuk meningkatkan produksi.

"Petani hortikultura juga diarahkan menggunakan pupuk jenis MA11 yang merupakan pupuk organik untuk menyuburkan tanaman dan meningkatkan produksi hasil pertanian," ujarnya.

Baca juga: Guru Besar Unsoed ingatkan pentingnya subsidi untuk pertanian organik
Baca juga: Pertanian organik dinilai dapat kurangi biaya produksi
Baca juga: Kementerian Pertanian sertifikasi petani organik

Pewarta: Ahmadi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkot Pekalongan dukung produksi pupuk organik

Komentar