Muhammad Khan dedikasikan Piala Citra Aktor Terbaik buat Shahrukh Khan

Muhammad Khan dedikasikan Piala Citra Aktor Terbaik buat Shahrukh Khan

Aktor Muhammad Khan menyampaikan sambutan seusai menerima piala Pemeran Utama Pria Terbaik pada Malam Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Minggu (8/12/2019). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc/pri.

Dia telah menginspirasi saya untuk menjadi aktor sejak kecil
Jakarta (ANTARA) - Piala Citra untuk kategori Aktor Terbaik di Festival Film Indonesia 2019 berhasil dibawa pulang oleh Muhammad Khan dari film "Kucumbu Tubuh Indahku" yang ia dedikasikan untuk idolanya, aktor India ternama Shahrukh Khan.

Muhammad Khan berhasil mengalahkan aktor-aktor lain yang jadi nomine, yakni Abimana Aryasatya dari film "Gundala", Angga Yunanda dari "Dua Garis Biru", Lukman Sardi dari "27 Steps of May", Reza Rahadian dalam film "My Stupid Boss 2" juga Ringgo Agus Rahman dalam "Keluarga Cemara”.

Selain berterima kasih pada keluarga dan kru serta pemeran "Kucumbu Tubuh Indahku", Muhammad Khan menyatakan penghargaan tertinggi di dunia film Indonesia ini ia tujukan untuk sang idola, Shahrukh Khan.

"Dia telah menginspirasi saya untuk menjadi aktor sejak kecil," ujar Muhammad dalam bahasa Inggris.

Suasana menjadi lebih meriah ketika Muhammad Khan menyanyikan lagu bahasa India dengan fasih di atas panggung.

Dalam film besutan sutradara Garin Nugroho itu, Muhammad Khan berperan sebagai seorang penari yang memiliki jiwa maskulin dan feminim bernama Juno yang merupakan seorang penari Lengger.

Saat berkunjung ke ANTARA beberapa waktu lalu, dia mengatakan untuk mendapatkan jiwa feminin ini, Khan dibantu oleh Rianto yang tidak lain adalah tokoh asli yang menjadi inspirasi Garin Nugroho dalam membuat film ini.

"Saya belajar dari mas Rianto, dia bilang teknik itu bisa dipelajari, niruin gerakan itu gampang tapi rasa yang belum tentu dapat. Mas Rianto bilang rasanya yang harus ditemukan, teknik bisa dipelajari dan harus meyakini betul kalau kamu perempuan. Setelah yakin perempuan baru bisa merasakan," kata Khan.

Butuh waktu sebulan bagi Khan untuk belajar menari dan gerak-gerik layaknya para penari Lengger, sebab Khan sendiri berlatar belakang sebagai pemain teater dan pesilat.

"Kucumbu Tubuh Indahku" bercerita tentang perjalanan seorang penari Lengger bernama Juno yang memiliki jiwa maskulin dan feminin dalam satu tubuh. Selalu berpindah-pindah tempat membuatnya paham akan arti keindahan hidup.


Baca juga: Cara Muhammad Khan hidupkan jiwa feminim

Baca juga: "Kucumbu Tubuh Indahku" wakili Indonesia untuk Oscar 2020

Baca juga: Produser yakin "Kucumbu Tubuh Indahku" tak mungkin diboikot

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar