Aktor "Star Trek" Rene Auberjonois meninggal karena kanker paru-paru

Aktor "Star Trek" Rene Auberjonois meninggal karena kanker paru-paru

Aktor Rene Auberjonois (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Aktor Rene Auberjonois, yang dikenal melalui serial televisi "Star Trek: Deep Space Nine" dan serial komedi Amerika Serikat "Benson," meninggal pada hari Minggu (8/12) waktu setempat dalam usia 79 tahun di Los Angeles setelah berjuang dengan melawan kanker paru-paru.

"Kami patah hati untuk mengkonfirmasi bahwa Rene meninggal hari ini," tulis sebuah pernyataan pada situs web miliknya, dilansir AFP, Senin.

Dalam biografinya, ditulis bahwa penyebab dari kematian Auberjonois adalah kanker paru-paru metastatik.

Baca juga: "Star Trek: Picard" tayang tahun depan, dibintangi Patrick Stewart

Auberjonois mendapatkan banyak penggemar atas perannya sebagai Odo, kepala keamanan yang berubah bentuk di "Star Trek: Deep Space Nine," salah satu dari banyak seri spin off acara fiksi ilmiah yang legendaris itu.

Dia menjadi favorit penggemar di konvensi "Star Trek" selama bertahun-tahun, menyumbangkan hasil dari barang yang ditandatangani untuk amal, seperti "Doctors without Borders".

"Saya telah mendapatkan bagian dari kesuksesan dan bagian dari kegagalan saya. Tetapi tidak ada yang pernah seperti ini. "Deep Space Nine" benar-benar melampaui apa pun yang pernah saya alami," kata Auberjonois saat itu.

Selain "Star Trek", Auberjonois juga dikenal karena perannya pada tahun 1980-an sebagai Clayton Endicott III, kepala staf gubernur di "Benson."

Sorotan karir lainnya termasuk penampilannya dalam film Robert Altman tahun 1970, "MASH" sebagai Pastor Mulcahy, perannya drama TV "Boston Legal" dan sejumlah peran pengisi suara dalam animasi, termasuk penampilannya sebagai Chef Louis dalam "The Little Mermaid" milik Disney.

Auberjonois, putra seorang penulis, tumbuh di Paris dan New York, tempat keluarganya tinggal di kalangan seniman.

Auberjonois meninggalkan istrinya Judith dan dua anak, Tessa dan Remy-Luc.

Baca juga: Aktor "Star Trek" Robert Walker Jr meninggal dunia

Baca juga: Star Trek setengah abad dirayakan dengan mengenang Spock

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar