Ragunan siap hadapi libur Natal dan Tahun Baru

Ragunan siap hadapi libur Natal dan Tahun Baru

Suasana Taman Margasatwa Ragunan di kawasan Jakarta Selatan pada hari peringatan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/Suwanti)

segala macam persiapan kita bahas dalam rapat ini
Jakarta (ANTARA) - Pusat Konservasi Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan menyatakan kesiapannya untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020 dan untuk itu rapat internal sudah dilakukan.

"Siang ini kita gelar rapat internal, segala macam persiapan kita bahas dalam rapat ini," kata Ketut Widarsana selaku Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Masyarakat Taman Margasatwa Ragunan, saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Senin.

Menurut Ketut, persiapan menghadapi natal dan tahun baru kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, di antaranya penyiapan personel, penambah jumlah operasional loket pelayanan dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas maupun rambu-rambu petunjuk jalan.

Baca juga: 24 ribu orang kunjungi Ragunan di HUT ke-74 RI

Ia mengatakan pada hari biasa jumlah petugas pelayanan yang dikerahkan sebanyak 30 orang, jika pada saat musim liburan (peak season) bisa mencapai 100 orang.

"Petugas itu terdiri atas petugas pelayanan seperti pengatur parkir kendaraan, petugas pemandu masuk kendaraan, petugas kebersihan dan macam-macam terkait layanan," kata Ketut.

Sementara itu, untuk loket pelayanan pada hari biasa hanya dibuka di pintu masuk Timur dan Barat dengan jumlah antara enam sampai tujuh loket masuk.

"Kalau peak season gini kita buka semua loket, ada 57 loket masuk," kata Ketut.

Baca juga: Keseruan warga berlomba 17an di Ragunan

Ragunan merupakan kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, berdiri sejak 1864 memiliki luas sekitar 147 hektare dengan koleksi satwa sebanyak 2.100 ekor satwa.

"Selain satwa kita juga punya koleksi tanaman, juga ada pohon-pohon jumlahnya mencapai 50 ribuan," katanya.

Ragunan juga dilengkapi sejumlah wahana seperti Taman Satwa Anak-Anak, pusat primata termasuk di dalamnya terdapat Gorila.

Baca juga: Ragunan tutup, banyak pengunjung kecewa

Menurut Ketut, jika libur biasa jumlah kunjungan tertinggi bisa mencapai 20 ribu orang, tapi jika musim libur seperti tahun baru jumlah pengunjung Ragunan bisa mencapai 100 ribu orang dalam satu hari.

"Biasanya puncak kunjungan itu tanggal 1 Januari, pengunjung bisa mencapai 100 ribu orang," kata Ketut.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Taman Margasatwa Ragunan, pilihan favorit saat libur Natal

Komentar