Wellington (ANTARA) - Sebuah gunung berapi meletus di Selandia Baru pada Senin, memuntahkan gumpalan abu ribuan kaki ke udara, dan Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan ada wisatawan di antara beberapa orang yang tidak diketahui jumlahnya, sementara petugas darurat melakukan operasi penyelamatan.

Sebanyak 100 orang berada di sekitarnya ketika letusan dimulai sekitar pukul 2:11 malam. (0111 GMT) di White Island, sekitar 50 kilometer (30 mil) dari pantai timur North Island, kata pihak berwenang, asap terlihat dari daratan.

"Kami perkirakan 100 orang berada pulau itu atau di sekitarnya," Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pada konferensi pers, menambahkan bahwa operasi penyelamatan telah dimulai, meskipun masih terlalu dini untuk mengkonfirmasi ada korban cedera atau kematian.

"Sejumlah orang dilaporkan terluka dan sekarang diangkut ke pantai," tambahnya. "Itu tampaknya menjadi masalah yang sangat signifikan ... terutama skala orang yang terkena dampak, pada tahap ini."

Banyak dari mereka yang terkena dampak bisa jadi adalah wisatawan, katanya.

"Saya tidak yakin apakah orang-orang ini ada di pulau itu atau di dekat pulau itu, tetapi pasti ada satu kelompok di luar sana dan mereka pasti membutuhkan perawatan medis," kata Judy Turner, walikota kota pesisir Whakatne, dekat White Island.

"Ada beberapa cedera dan fokusnya adalah mencari orang-orang yang terluka ini kembali dengan selamat dan membawa mereka ke rumah sakit."

Tampaknya tidak ada bahaya bagi orang-orang di daerah pantai yang lebih jauh, tambahnya.

Lingkungan sekitar pulau itu berbahaya karena letusan, Badan Pengelola Darurat Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa abu yang jatuh dapat mengenai ke beberapa daerah.

"Letusan singkat " itu melontarkan bola abu setinggi sekitar 12.000 kaki (3.658 m), kata badan geosains Selandia Baru, GNS Science, dalam sebuah pernyataan, tetapi menambahkan tidak ada tanda-tanda peningkatan saat ini.

Gunung berapi White Island adalah salah satu gunung berapi di Selandia Baru yang paling aktif.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gunung berapi White Island di Selandia Baru meletus, beberapa cedera
Baca juga: Gunung di White Island Selandia Baru meletus

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019