Padang, (ANTARA) - Tiga bupati di Sumatera Barat, yakni Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Dharmasraya Sutan Riska dan Bupati 50 Kota Irfendi Arbi akan kembali maju dalam Pilkada 2020 melalui PDI Perjuangan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI Perjuangan Syamsul Bahri di Padang, Senin mengatakan ketiganya merupakan kader terbaik partai dan mereka akan kembali berjuang di daerah.

"Kader terbaik kita akan fokus di daerah karena masyarakat masih membutuhkan mereka," kata dia

Ia mengatakan PDI Perjuangan menerima bakal calon kepala daerah pada 25-30 November 2019.

Dari pembukaan tersebut beberapa nama juga telah mendaftarkan maju dalam Pilkada Sumbar 2020.

Mulai dari Syafrizal Ucok yang mendaftarkan diri untuk posisi calon Bupati Pesisir Selatan. Kemudian Darmainzon yang juga maju sebagai calon Bupati Pesisir Selatan.

Setelah itu ada nama anggota DPRD Sumbar 2014-2019 Risnaldi dan Syaiful Ardi yang maju sebagai calon Wakil Bupati Pesisir Selatan


DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat menyatakan pihaknya membuka peluang koalisi dengan seluruh partai, termasuk oposisi, dalam mengusung pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020.

Ketua Bapilu PDI Perjuangan Syamsul Bahri di Padang, Senin, mengatakan bahwa pihaknya akan berkoalisi mendukung pasangan calon dalam Pilgub Sumbar maupun pilkada kota/kabupaten di daerah itu

"Berkoalisi dengan PKS atau Gerindra pun kami siap," kata Syamsul Bahri.

Dari Pilgub Sumbar dan pilkada di 13 kota/kabupaten, PDI Perjuangan siap berkoalisi, kecuali di sejumlah daerah karena tidak memiliki kursi di daerah setempat, seperti Kabupaten Agam, Solok Selatan, dan Kota Bukittinggi.

"PDIP tidak memiliki kursi di sana," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di Sumbar selama lima hari, mulai dari 25 sampai dengan 30 November 2019.

"Kami buka di tingkat DPD dan DPP, bagi mereka yang terkendala di DPC dapat mendaftarkan diri tingkat DPD atau DPP," kata Syamsul Bahri.

Baca juga: Pilkada Sumbar, tiga tokoh daftarkan diri ke PDI Perjuangan

Baca juga: PDIP Jateng buka pendaftaran kandidat kepala daerah 21 kabupaten/kota

Baca juga: PDI Perjuangan raih anugerah partai informatif

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019