Manila, Filipina (ANTARA) - Tim nasional U-22 Vietnam bertekad memberikan medali emas sepak bola putra SEA Games 2019, dengan menaklukkan Indonesia di partai final, Selasa (10/12), untuk rakyat Vietnam.

“Kami selangkah lagi menjadi juara. Dengan banyaknya dukungan dan cinta dari rakyat Vietnam, saya dan tim merasa bertanggung jawab untuk memberikan gelar juara SEA Games ini bagi mereka,” ujar Park dalam konferensi pers sebelum final di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin.

Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, masyarakat Vietnam sudah sangat menantikan gelar kampiun sepak bola putra SEA Games 2019. Sebab, terakhir kali mereka menjadi yang terbaik di cabang olahraga tersebut adalah pada SEA Games 1959 atau 60 tahun lalu.

Baca juga: Indra Sjafri berkaca-kaca ketika sampaikan nazar SEA Games 2019

Saat itu, SEA Games masih bernama South East Asia Peninsular Games (SEAP Games). Bahkan Vietnam kala itu masih disebut Vietnam Selatan.

Antusiasme rakyat Vietnam menyambut laga puncak sepak bola SEA Games tersebut salah satunya terlihat dari dukungan langsung Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc kepada skuat asuhan Park.

“Perdana Menteri mengirimkan pesan kepada saya dan pemain bahwa rakyat Vietnam selalu berada di sisi kami,” tutur Park Hang Seo.

Baca juga: Bek timnas U-22 Indonesia waspadai dua penyerang Vietnam

Park juga menganggap momen merebut medali emas putra pada SEA Games 2019 juga sangat tepat mengingat pada Minggu (8/12), timnas putri Vietnam juga menjadi yang terbaik di sektor sepak bola putri.

"Saya mempunyai mimpi, kami akan kembali ke Vietnam sebagai juara sepak bola putra dan putri. Kami harus mencontoh apa yang ditampilkan pesepak bola putri kami. Mereka sudah menunjukkan semangat Vietnam yang sesungguhnya," kata Park.

Tim nasional U-22 Indonesia akan menghadapi Vietnam di final sepak bola putra SEA Games 2019 pada Selasa (10/12) di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, mulai pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Baca juga: Indra: timnas U-22 tak tertekan hadapi final SEA Games 2019

Laga timnas U-22 Indonesia menghadapi Vietnam di final SEA Games 2019 akan menjadi pertemuan keempat kedua tim sepanjang tahun 2019.

Awalnya, skuat asuhan pelatih Indra Sjafri bersua Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 2019, Februari 2019, dengan hasil Indonesia menang 1-0.

Lalu, mereka berhadapan kembali di bulan Maret 2019 dalam laga Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Di pertandingan itu, giliran Indonesia kalah 0-1.

Baca juga: Evan Dimas minta rekannya di timnas siapkan mental jelang final

Terkini, timnas U-22 Indonesia bertanding melawan Vietnam di Grup B SEA Games 2019, di mana Indonesia takluk 1-2.

Di level SEA Games, pertemuan kedua negara di final sepak bola putra adalah yang pertama sepanjang sejarah.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019