BPJT: Tarif Tol Kunciran-Serpong tunggu arahan Presiden Jokowi

BPJT: Tarif Tol Kunciran-Serpong tunggu arahan Presiden Jokowi

Ruas Tol Kunciran - Serpong. ANTARA/Aji Cakti

Kalau kita melihat situasi, tarif tol tersebut diberlakukan setelah Natal dan Tahun Baru, tapi dari badan usaha jalan tol belum menyampaikan kepada kami ...
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kapan tarif untuk Tol Kunciran-Serpong mulai diberlakukan, setelah diresmikan beberapa waktu lalu.

"Kalau kita melihat situasi, tarif tol tersebut diberlakukan setelah Natal dan Tahun Baru, tapi dari badan usaha jalan tol belum menyampaikan kepada kami dan saya juga menunggu arahan dari Bapak Presiden Jokowi terkait hal tersebut," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit di Jakarta, Senin.

Danang mengatakan bahwa kemarin saat peresmian Tol Kunciran-Serpong belum sempat diumumkan, mengingat biasanya Presiden Joko Widodo yang menyampaikan hal tersebut. Namun kalau dari sisi peraturan, sebenarnya sepekan setelah tol tersebut dioperasikan maka tarif bisa mulai diberlakukan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR ) II ruas Kunciran-Serpong pada Jumat (6/12).

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, nilai investasi ruas tol tersebut sebesar Rp4 triliun dengan masa konsesi selama 35 tahun, di mana 60 persen investasi dibiayai oleh Jasa Marga dan 40 persen lainnya dibiayai oleh Grup Astra.

Ruas Tol Kunciran - Serpong berlokasi di Tangerang Selatan, Provinsi Banten dengan kecepatan rencana 100 km per jam.

Jumlah lajur ruas tol tersebut sebanyak 2x3 lajur, lebar jalur 3,60 meter, memiliki satu buah simpang susun, dan dua persimpangan atau junction.

Jalan Tol Kunciran - Serpong ini merupakan bagian dari struktur jaringan jalan bebas hambatan untuk menghubungkan kota-kota di pusat kegiatan metropolitan Jabodetabek, yang pembangunannya telah dilakukan secara bertahap sejak awal 1980-an.

Ruas tol tersebut juga merupakan salah satu dari enam ruas tol yang menjadi bagian dari proyek pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road(JORR)  II.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Jalan Tol Kunciran-SerpongBaca juga: BPJT: Tol layang Japek kemungkinan diresmikan pekan ini, siap dipakai

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

H-1 Idul Fitri, Tol Kunciran-Serpong lengang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar