Semarakkan Hari Nusantara, seniman Pariaman "ngamen" massal

Semarakkan Hari Nusantara, seniman Pariaman "ngamen" massal

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo berswafoto bersama milenial penggiat media sosial di Padang dalam rangkaian Hari Nusantara 2019 di Padang. (ANTARA/Ist)

untuk mengenalkan dan mendekatkan jarak antara seni tradisi Minang dengan masyarakat
​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Para seniman Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Sumatera Barat yang tergabung ke dalam Forum Batajau Seni Piaman menjadwalkan mengamen secara massal setiap akhir pekan untuk menyemarakkan peringatan Hari Nusantara di daerah itu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan jarak antara seni tradisi Minang dengan masyarakat, sekaligus untuk mengumpulkan donasi pelaksanaan hari ulang tahun (HUT) ke-1 forum kami," kata Ketua Panitia HUT Ke-1 Batajau Seni Piaman Ramidi di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan seniman yang berasal dari sejumlah sanggar tersebut telah menampilkan kesenian khas Minangkabau sejak Sabtu (7/12) di Simpang Tugu Tabuik, Pariaman.

Kegiatan itu akan terus dilanjutkan hingga pelaksanaan HUT komunitas tersebut pada 28 Desember mendatang di Lapangan Pemuda Koto Mambang, Kecamatan Patamuan, Padang Pariaman.

Ia menjelaskan penampilan kesenian Minang dapat menambah daya tarik Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata, terlebih lagi pihaknya mengamen tidak saja di satu tempat, namun juga di sejumlah lokasi strategis di daerah itu.

Baca juga: Persiapan Pariaman untuk lokasi Hari Nusantara sudah 50 persen

Apalagi, lanjutnya, pelaksanaan mengamen massal bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Nusantara yang diselenggarakan di Kota Pariaman mulai dari 7 hingga 14 Desember sehingga daerah itu akan banyak dikunjungi wisatawan. Hari Nusantara jatuh setiap 13 Desember.

Ia menyampaikan mengamen massal salah satu cara pihaknya mengumpulkan dana pelaksanaan HUT selain mengirimkan proposal kepada sejumlah badan usaha serta para perantau.

"Donasi tidak kami minta kepada pihak yang berhubungan dengan politik. Kami menolak bantuan dengan embel-embel politik praktis, apalagi sekarang akan pilkada serentak. Lebih baik kami mengamen," katanya.

Ia menjelaskan tema yang diusung pada HUT ke-1 forum tersebut, "Basaba Manaruko", yaitu Basaba akronim dari Batajau Satahun Bajalan, sedangkan Manaruko yaitu meneroka atau membuka jalan baru.

Kota Pariaman menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara tingkat nasional tahun ini yang akan diselenggarakan pada 14 Desember 2019, dipusatkan di Pantai Gandoriah dengan rencananya diisi kegiatan bertema kemaritiman.

"Hari ini kami melaksanakan rapat bersama pihak Kementerian Pertahanan, TNI, serta pihak lainnya untuk memastikan kesiapan sebagai tuan rumah," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai rapat persiapan peringatan Hari Nusantara tingkat nasional di Pariaman, Kamis (18/11).

Ia menyampaikan banyak kegiatan dilaksanakan pada peringatan Hari Nusantara, di antaranya membersihkan pantai, kegiatan kemaritiman, serta penampilan seribu gadang tasa.

Baca juga: Pariaman jadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional 2019
Baca juga: Ratusan kapal nelayan meriahkan Hari Nusantara 2015

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Memperkuat kesatuan dan persatuan di hari nusantara nasional

Komentar