BPJT: Tol Balikpapan-Samarinda bakal diresmikan sebelum Natal 2019

BPJT: Tol Balikpapan-Samarinda bakal diresmikan sebelum Natal 2019

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 km ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2019. ANTARA/HO/Humas Jasa Marga

Tol Balikpapan-Samarinda sudah bisa dilintasi, karena itu juga sudah masuk di dalam program peresmian Bapak Presiden
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengungkapkan Tol Balikpapan - Samarinda akan diresmikan sebelum tahun Natal 2019 dan tol tersebut sudah bisa dilintasi oleh masyarakat.

"Tol Balikpapan-Samarinda sudah bisa dilintasi, karena itu juga sudah masuk di dalam program peresmian Bapak Presiden dan peresmiannya kemungkinan sebelum tanggal 20 atau 25 Desember 2019," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit di Jakarta, Senin.

Sedangkan terkait Tol Manado-Bitung, Kepala BPJT menyampaikan tol tersebut akan direkomendasikan fungsional terlebih dahulu.

"Kami sendiri merekomendasikan fungsional untuk seksi I Tol Manado- Bitung, kalau seksi yang lainnya belum dan juga jaraknya sangat pendek," katanya.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) di Kalimantan Timur dapat rampung pada akhir 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa kehadiran jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kawasan perekonomian baru.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang terdiri atas lima seksi, yaitu, seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 22,025 km, seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,975 km, seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 17,300 km. Kemudian, seksi 4 dari Palaran hingga Jembatan Mahkota II sepanjang 17,550 km dan seksi 5 dari KM 13 hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,500 km.

Sedangkan terkait Tol Manado-Bitung, Kepala Satuan Kerja Pembangunan Tol Giri Yudhono mengatakan pengerjaan konstruksi tol seksi I telah rampung. Di seksi satu, kata  dia, dibagi dalam dua segmen yaitu seksi satu A dan satu B, di mana masing-masing seksi sepanjang tujuh kilometer.

Baca juga: BPJT: Tarif Tol Kunciran-Serpong tunggu arahan Presiden Jokowi

Baca juga: BPJT: Tol layang Japek kemungkinan diresmikan pekan ini, siap dipakai

Baca juga: Puncak lalu lintas Natal dan Tahun Baru diprediksi 20-22 Desember 2019



 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Waskita Karya bangun tol Penajam-Balikpapan tahun 2020

Komentar