Festival Perahu Naga dongkrak potensi wisata situ di Depok

Festival Perahu Naga dongkrak potensi wisata situ di Depok

Peserta mengikuti Festival Perahu Naga di Situ Jati Jajar, Depok, Jawa Barat, Minggu (8/12/2019). Festival tahunan yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Pemkot Depok yang diikuti 36 peserta tersebut untuk memperkenalkan olahraga dayung serta sebagai upaya pelestarian lingkungan di kawasan situ. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/ama. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Tidak perlu jauh-jauh kalau mau menghabiskan akhir pekan, karena Depok punya 23 situ yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata
Depok (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Depok Wijayanto mengatakan Festival Perahu Naga Tahun 2019 yang digelar Minggu (8/12) mampu mendongkrak potensi wisata situ atau danau.

"Ajang tahunan tersebut mampu menjadi salah satu cara untuk mengembangkan daya tarik wisata situ dan menggerakkan ekonomi di Depok," kata Wijayanto di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Menurut dia, melalui ajang tersebut masyarakat bisa lebih mengenal keberadaan situ. Tak hanya itu, ia mengatakan Festival Perahu Naga juga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar Situ.

"Masyarakat dapat menikmati wisata air di situ, sekaligus membantu perekonomian warga karena ada beberapa UKM yang menjual hasil produksinya," kata Wijayanto.

Ia mengatakan saat ini masyarakat sudah memanfaatkan situ sebagai tempat bermain, karena ada beberapa situ yang dilengkapi sarana bermain anak seperti bebek air, odong-odong, hingga perahu air.

Untuk itu Wijayanto berharap melalui Festival Perahu Naga ini dapat memperkenalkan destinasi wisata air yaitu situ di Kota Depok. Terlebih, biaya yang dikeluarkan masyarakat relatif terjangkau dan dekat dengan tempat tinggal.

"Tidak perlu jauh-jauh kalau mau menghabiskan akhir pekan, karena Depok punya 23 situ yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata," katanya.

Baca juga: Potensi wisata 96 situ di Kabupaten Bogor akan digarap maksimal

Baca juga: Lima situ di Kabupaten Bekasi dinilai layak menjadi tempat wisata


 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Solu Bolon, bangkitkan pariwisata Danau Toba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar