Liga Inggris

Benitez tidak tutup peluang untuk melatih Everton

Benitez tidak tutup peluang untuk melatih Everton

Pelatih Dalian Yifang Rafael Benitez (kiri) memberi instruksi kepada para pemainnya dalam pertandingan Liga China melawan Henan Jianye di Dalian, China, 7 Juli 2019. (ANTARA/AFP/STR)

Jakarta (ANTARA) - Mantan manajer Liverpool Rafael Benitez mengatakan dirinya tidak menutup peluang untuk melatih Everton, meski telah menjadi sosok legendaris bagi Si Merah.

Benitez meneken kontrak berdurasi dua setengah tahun untuk melatih klub Liga China Dalian Yifang, dan pernah menegaskan dirinya belum berencana kembali ke Inggris. Namun pria Spanyol itu tidak menutup kemungkinan melatih di Goodison Park pada masa yang akan datang.

"Tentu saja saya punya koneksi-koneksi dengan Liverpool, itu sangat jelas. Namun di saat yang sama saya terlibat di kota itu, saya memiliki banyak teman di kota itu, penggemar Everton dan penggemar Liverpool," tutur Benitez pada acara Monday Night Football yang ditayangkan di Sky Sports.

Baca juga: Berlabuh di China, Benitez sekarang intens temui bos klub

"Maka saya tidak memiliki masalah dengan para penggemar, dengan orang-orang di sana. Tentu saja saya lebih dekat dengan Liverpool namun di masa yang akan datang, saya adalah profesional, di masa yang akan datang, Anda tidak pernah tahu," tambahnya.

Benitez cukup populer di kalangan penggemar Liverpool setelah ia membawa klub tersebut menjuarai Liga Champions 2005, dengan kebangkitan setelah tertinggal tiga gol dari AC Milan pada laga final.

Ia meninggalkan Liverpool pada 2010, namun masih memiliki jaringan di kota tersebut. Keluarga Benitez juga masih tinggal di Liverpool.

Pada kesempatan itu Benitez juga mengklarifikasi komentarnya mengenai Everton, setelah pertandingan derby Merseyside pada 2007.

Setelah pertandingan yang berakhir 0-0 itu, Benitez menyebut Everton sebagai "klub kecil." Komentarnya sontak membuat para penggemar Everton murka.

Baca juga: Benitez siap ciptakan hal besar di Dalian Yifang

"Saya melakukan kesalahan ketika saya mengatakan klub (Everton) itu merupakan klub kecil. Yang ingin saya katakan adalah itu merupakan tim kecil, karena pada pertandingan itu saya ingat mereka hanya memiliki satu peluang dan mereka bertahan begitu dalam," papar Benitez.

"Para penggemar Liverpool senang dan para penggemar Everton kecewa. Namun saya bukannya mau mengatakan mereka adalah klub kecil, saya ingin berkata bahwa mereka adalah tim kecil," imbuhnya.

Walau demikian, Benitez mengatakan saat ini ia masih belum tertarik kembali berkiprah di Liga Inggris karena dirinya bahagia di China. Terlebih klubnya baru saja membangun lapangan latihan yang baru, dengan 40 lapangan di dalamnya.

Everton saat ini tidak memiliki manajer permanen, menyusul pemecatan terhadap Marco Silva Jumat silam. Saat ini The Toffees diarsiteki pelatih sementara Duncan Ferguson.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar