Bursa saham Australia dibuka turun tipis, terseret saham perbankan

Bursa saham Australia dibuka turun tipis, terseret saham perbankan

Bendera Australia dan bursa Efek Autralia dengan panah merah turun. ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Saham-saham tergelincir di Eropa dan AS dalam perdagangan semalam
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia dibuka datar pada perdagangan Selasa pagi, dengan sektor perbankan dan teknologi membebani, sementara para penambang mengimbangi kerugian yang lebih berat.

Pada pukul 10.45 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis 3,40 poin atau 0,051 persen pada 6.726,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 4,30 poin atau 0,063 persen pada 6.832,10 poin.

"Saham-saham tergelincir di Eropa dan AS dalam perdagangan semalam. Namun kenaikan harga tembaga dan bijih besi serta pernyataan stimulus dari pejabat China dapat memberikan dukungan dalam perdagangan hari ini," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Penyedia bijih besi Australia membaik pada awal perdagangan, sementara sebagian besar penambang emas jatuh.

"Kelambanan pasar sama pentingnya dengan pergerakan pasar. Minyak mentah sedikit lebih rendah, tetapi tetap mendekati level tertinggi tiga bulan, menunjukkan pandangan yang lebih kuat tentang pertumbuhan global."

Baca juga: Harga minyak turun, dipicu pelemahan ekspor China dan perang dagang

Penurunan harga minyak mengambil keuntungan dari penyedia energi Australia dari hari sebelumnya, sementara teknologi dan keuangan juga merosot.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,19 persen, National Australia Bank turun 1,48 persen, Westpac Bank turun 0,16 persen dan ANZ turun 0,20 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 0,60 persen, Rio Tinto naik 0,58 persen dan Fortescue Metals naik 0,78 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,21 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search naik 0,14 persen, Santos naik 0,06 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,06 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,56 persen dan Woolworths turun 0,41 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,13 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas terangkat 1,79 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,32 persen.

Baca juga: Wall Street jatuh terseret penurunan saham Apple, pasar "wait & see"

Baca juga: Dolar turun tipis, investor tunggu kabar baru perang dagang AS-China

Baca juga: Harga emas turun tipis, tertahan pelemahan dolar dan saham AS



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar