Pelni Ambon siapkan dua kapal antisipasi lonjakan jumlah penumpang

Pelni Ambon siapkan dua kapal antisipasi lonjakan jumlah penumpang

Dokumen: KM Ciremai milik PT Pelni saat sandar di pelabuhan Murhum Baubau, Sabtu (5/9) dini hari sekitar pukul 01.00 Wita. Kapal ini memuat belasan orang pengungsi Wamena asal Sultra (Foto/Azis Senong)

Kami siapkan dua kapal yakni KM Gunung Dempo dan KM Ciremai,
Ambon (ANTARA) - PT Pelni Cabang Ambon menyiapkan dua kapal untuk menghadapi arus mudik liburan Natal 2019 dan memasuki Tahun Baru 2020 guna mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang baik keluar maupun yang datang ke Ambon.

"Kami siapkan dua kapal yakni KM Gunung Dempo dan KM Ciremai," kata Kepala PT Pelni Cabang Ambon Rudi Penturi di Ambon, Selasa.

Selama ini, ada 10 kapal penumpang milik Pelni yang berlayar di kawasan timur Indonesia dan tujuh kapal lainnya yakni kapal perintis juga sudah disiapkan guna mengangkut penumpang arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dia mengatakan untuk kapal perintis disiapkan lima kapal di Pelabuhan Ambon, satu kapal di Pelabuhan Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan satu lainnya di Maluku Utara.

Baca juga: Pelni perkirakan kenaikan penumpang 5,8 persen selama Natal-Tahun Baru

Sedangkan kapal penumpang milik Pelni, dengan adanya penambahan dua kapal KM Gunung Dempo dan KM Cerimai juga guna mendukung kapal Pelni yang sudah ada guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang khususnya di daerah Maluku.

Rudi mengatakan semua jadwal kapal telah siap, dirinya berharap masyarakat sudah dapat membeli tiket jauh-jauh hari sehingga tidak ada penumpukan saat membeli tiket.

"Masyarakat harus merencanakan perjalanan mudik, pembelian tiket juga dapat dilaksanakan jauh hari," ujarnya.

Baca juga: Armada Pelni siap hadapi Natal dan Tahun Baru

Terhitung mulai 5 Desember 2019, lanjutnya, penjualan tiket mudik sudah dibuka sehingga masyarakat bisa mengatur rencana perjalanan, maksudnya tidak ada lagi penumpukan penumpang saat membeli tiket.

Disinggung prediksi lonjakan jumlah penumpang, Rudi mengatakan untuk penumpang mudik dari Ambon tidak terlalu banyak, namun penumpang arus balik cukup banyak dan tahun 2019 ini diprediksi bisa mencapai tiga persen.

Baca juga: Pelni kerahkan seluruh armada layani Natal dan Tahun Baru
 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Erick ungkap rencana holding rumah sakit milik BUMN

Komentar