Kementerian BUMN: Biodiesel B30 akan diluncurkan Desember ini

Kementerian BUMN: Biodiesel B30 akan diluncurkan Desember ini

Sampel bahan bakar biodiesel B30. ANTARA/Chairul Rohman

Peluncuran solar B30 tersebut dijadwalkan dilakukan Presiden Joko Widodo
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengungkapkan penggunaan bahan bakar minyak solar dengan campuran 30 persen nabati sawit atau Biodiesel B30 akan diluncurkan pada Desember ini.

"Diluncurkan Desember ini. Nanti kalau sudah dekat, akan saya beri tahu," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa.

Arya mengatakan peluncuran solar B30 tersebut dijadwalkan dilakukan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Setelah B30, pemerintah dorong penggunaan green fuel

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati didampingi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama menemui Presiden Joko Widodo  guna membahas perkembangan industri energi dan petrokimia, salah satunya kesiapan program Bodiesel B30.

Nicke menyampaikan Pertamina sudah siap mendistribusikan B30 di semua terminal bahan bakar minyak (TBBM) dan SPBU di seluruh Indonesia.

Sementara itu, sejak awal Desember 2019, PT Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel sudah mulai mengimplementasikan penyaluran Biodiesel B30 ke beberapa TBBM di Sumatera Selatan dan Lampung seperti Kertapati Palembang; Lahat; Lubuk Linggau:  Baturaja; dan Panjang Lampung.

Hal tersebut untuk memastikan mekanisme penyaluran mulai dari penerimaan bahan baku, proses blending, dan distribusi ke SPBU sudah bisa berjalan dengan baik pada Januari 2020.

Baca juga: Pemanfaatan B30 dinilai potensi hemat minyak 165.000 BOPD
Baca juga: Balitbang ESDM sampaikan hasil akhir uji jalan B30, ini rekomendasinya


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengadaan mobil listrik jadi tantangan besar Kementerian BUMN

Komentar