Jakarta (ANTARA) - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) akan terus berusaha membumikan teknologi nuklir yang menyejahterakan rakyat di Indonesia.

"Cita-cita pendiri BATAN saat itu adalah mengembangkan industri nuklir berbasis pada energi nuklir, radioisotop dan radiofarmaka. Dari situ perjalanan terus berkembang. Iptek nuklir sudah diaplikasikan ke berbagai bidang yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan," ujar Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan dalam sambutannya di acara Internalisasi Renstra BATAN di Kawasan Puspitek Serpong, Banten, Selasa.

Sejak resmi berdiri pada 5 Desember 1958, BATAN sudah berhasil mencetak banyak prestasi dalam bidang teknologi nuklir

Tidak hanya itu dalam 61 tahun perjalanannya, BATAN sudah membangun tiga reaktor nuklir yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan produk seperti untuk menciptakan varietas tanaman baru.

Baca juga: Deteksi bahan radioaktif, Indonesia pasang tujuh RPM di pelabuhan

Baca juga: BATAN hasilkan 5 produk radiofarmaka terkait kanker-jantung-ginjal

Baca juga: BATAN teliti nanofluida untuk opsi pendingin reaktor nuklir


Tiga reaktor nuklir itu yaitu reaktor Triga 2000 di Bandung, Jawa Barat, reaktor Kartini di Yogyakarta dan Reaktor serbaguna GA Siwabessy di Serpong, Banten.

Perkembangan teknologi nuklir BATAN juga membuatnya bisa membangun iradiator gamma Merah Putih di Serpong yang dapat membantu industri dan komunitas bisnis untuk mempertahankan kualitas dan meningkatkan keamanan serta mutu produk.

"Kita menghasilkan Rp3,5 miliar untuk 2019 dan ini akan terus berkembang karena pelanggannya menunjukkan tren naik dari hari ke hari," ujar Kepala BATAN merujuk kepada penggunaan iradiator gamma.

Ke depan, BATAN ingin meningkatkan kinerja untuk membantu usaha pemerintah mengurangi impor dalam lima tahun ke depan dan mendorong penggunaan produk dalam negeri.

Dalam kesempatan itu juga BATAN menandatangani beberapa perjanjian kerja sama di antaranya dengan Institut Teknologi Bandung, Kimia Farma dan Badan Siber dan Sandi Negara.*

Baca juga: Gandeng Jepang, Batan tingkatkan teknologi radiosiotop dan radiofarmaka

Baca juga: Peneliti: Dukungan pemerintah dapat besarkan kontribusi nuklir

Baca juga: BATAN ikut usaha turunkan stunting dengan manfaatkan teknologi nuklir

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019