Manila, Filipina (ANTARA) - Tim balap sepeda Indonesia gagal menambah pundi medali emas SEA Games 2019 Filipina setelah dua pebalap andalannya terpeleset pada balapan yang berlangsung di BMX Track Tagaytay City, Filipina, Rabu.

I Gusti Bagus Saputra yang merupakan juara bertahan hanya berada di posisi enam atau satu tingkat di atas pebalap yang finis paling belakang yaitu Espirito Santo Morais yang merupakan pebalap dari Timor Leste. Begitu juga Rio Akbar yang berada di posisi lima.

Hasil ini jelas di luar dugaan karena kedua pebalap ini sudah sejak lama dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan dua tahunan ini. Bahkan, beberapa kejuaraan diikuti guna menambah jam terbang dan mengasah kemampuan.

Baca juga: Sports science jadi kunci Aiman Cahyadi rebut emas

"Bagus lepas cleat di moto 1. Itu sangat berpengaruh. Terus terang hasil BMX ini di luar dugaan," kata manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Manila.

Pada BMX race ini medali emas direbut oleh pebalap asal Thailand, Komet Sukprasert, perak direbut pebalap tuan rumah Filipina, Daniel Patrick Caluag dan perunggu direbut oleh pebalap Thailand lainnya, Somkid Haratawan.

Dengan lepasnya emas dari BMX race, peluang Indonesia untuk merebut medali emas cukup berat karena tinggal menyisakan satu nomor saja yaitu BMX Freestyle. Pada nomor ini Indonesia menurunkan Iyan Sopian dan Januar Susanto.

Baca juga: Balap sepeda nomor road race alami peningkatan di SEA Games

"Harapan kita sudah habis. Ini bukan mengkesampingkan nomor freestyle," kata Budi memambahkan.

Gagalnya Bagus mempertahankan emas membuat tim balap sepeda gagal memenuhi target tiga emas karena hingga saat ini baru satu emas yang didapat lewat Aiman Cahyadi dari nomor ITT. Selain itu empat medali perak dan satu perunggu. Salah satu perak diraih oleh Toni Syarifudin dan nomor BMX Time Trial.

Sebelumnya pelatih kepala timnas balap sepeda Dadang Harris Poernomo mengaku hasil di SEA Games belum sesuai dengan harapan. Dimulai dari cross country yang nir medali, juga dari downhill yang hanya mendapat perak perunggu.

"Road yang peningkatannya pesat bandingkan SEA Games Malaysia. Kita dapat satu emas, dua perak dan satu perunggu. Kalau di Malaysia hanya satu perunggu, itupun dari putri," katanya saat dikonfirmasi.

Baca juga: Tim balap Indonesia raih perak setelah kalah tipis dari Thailand

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019