Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) HAM, Mualimin Abdi kepada Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa.

Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana usai menerima penghargaan mengaku bangga atas penghargaan yang telah diraih Pemkab Magelang dengan kategori Peduli HAM yang kelima kalinya ini.

Ia berharap agar momentum ini bisa menjadi pemicu dan semangat bagi kinerja Pemkab Magelang untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam memberikan jaminan HAM.

"Tentunya atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang, kami sangat mengapresiasi atas diraihnya penghargaan kategori Peduli HAM ini. Tentu melalui momentum ini kami berharap agar terus bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama dalam memberikan jaminan Hak Asasi Manusia (HAM)," katanya.

Dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-Dunia tahun 2019 ini, kriteria penghargaan yang diberikan oleh Kemenkumham dibagi menjadi tiga kriteria, yakni Peduli HAM, Cukup Peduli HAM, dan Kurang Peduli HAM. Selain itu ada beberapa indikator yang menjadi penilaian.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Magelang, Sarifudin mengatakan untuk bisa mendapatkan penghargaan kategori Peduli HAM, pemerintah daerah harus lebih dulu mampu memenuhi tujuh kelompok hak, meliputi hak atas pendidikan, kesehatan, perlindungan perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, rumah yang layak, dan hak lingkungan yang berkelanjutan.

"Alhamdulillah tahun ini kita masih bisa mempertahankan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota dengan kategori Peduli HAM. Penghargaan Peduli HAM ini diraih pertama kali oleh Kabupaten Magelang pada tahun 2013. Kemudian 2015, 2016, 2018, dan 2019. Total sudah lima kali kita meraih penghargaan ini," katanya.

Baca juga: Bupati sebut tingkat konsumsi ikan di Magelang masih rendah

Baca juga: Dengung panjang tari Soreng Kabupaten Magelang

Baca juga: Kemenpar: Kabupaten Magelang mesin penggerak pariwisata Joglosemar


 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019