Mintalah saran "orang tua", kata Mahathir kepada Sanna Marin

Mintalah saran "orang tua", kata Mahathir kepada Sanna Marin

FILE PHOTO: Malaysian Prime Minister Mahathir Mohamad di New York City, New York, Amerika Serikat, September 27, 2019 (REUTERS/Eduardo Munoz)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Mahathir Mohamad dari Malaysia, perdana menteri tertua di dunia, mengatakan pada Selasa bahwa ada baiknya perdana menteri termuda di dunia, Sanna Marin dari Finlandia, untuk meminta saran kepada "orang tua".

Marin (34) adalah satu-satunya kandidat untuk jabatan puncak dalam pemerintah negaranya setelah pengunduran diri Antti Rinne, menyusul pernyataan tidak percaya kepadanya oleh sebuah partai koalisi yang berkuasa di Finlandia.
Baca juga: Finlandia tunjuk PM termuda Sanna Marin
"Sementara kami percaya pada idealisme anak muda, penting juga bagi mereka untuk mempertimbangkan pengalaman orang tua." kata Mahathir (94) kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Lalu akan ada kombinasi keduanya, dan itu akan baik," ia melanjutkan.

Marin menjulang pesat dalam dunia politik Finlandia sejak menjadi kepala dewan kota di kampung halamannya, Tampere, pada usia 27 tahun. Dia akan mengambil alih pemerintahan di tengah gelombang pemogokan selama tiga hari, yang akan menghentikan kegiatan produksi di beberapa perusahaan terbesar Finlandia sejak Senin (16/12).

Mahathir memimpin oposisi Malaysia untuk kemenangan pemilihan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Mei lalu. Ini adalah kedua kalinya ia dilantik sebagai perdana menteri Malaysia, jabatan yang sebelumnya dipegangnya selama 22 tahun dari 1981 hingga 2003.


Sumber: Reuters
Baca juga: PM Finlandia mundur
​​​​​​​
Baca juga: Mahathir minta Carrie Lam mundur dari Kepala Eksekutif Hongkong

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden sambut kedatangan PM Malaysia Mahathir Mohamad

Komentar