Pemerhati : Mutu sekolah swasta seharusnya di atas sekolah negeri

Pemerhati : Mutu sekolah swasta seharusnya di atas sekolah negeri

Pemerhati pendidikan dari Center for Regulations and Development Analysis, Indra Charismiadji, Di Jakarta, Selasa. (ANTARA/Indriani)

Buatlah aturan untuk sekolah swasta, dan bisa kita lihat hasilnya dalam waktu dekat
Jakarta (ANTARA) - Pemerhati pendidikan dari Center for Regulations and Development Analysis (CERDAS) Indra Charismiadji mengatakan seharusnya mutu sekolah swasta di Tanah Air di atas sekolah negeri.

"Namun kenyataannya di Indonesia malah sebaliknya, mutu sekolah negeri lebih baik dari swasta. Hanya beberapa sekolah swasta yang bagus-bagus yang mutunya di atas sekolah negeri," ujar Indra dalam diskusi pendidikan di Jakarta Selasa.

Hal itu dikarenakan siswa yang tidak diterima di sekolah negeri masuk ke sekolah swasta. Kondisi itu, lanjut dia, hanya terjadi di Indonesia. Berbeda dengan negara-negara lainnya, sekolah negeri memang diperuntukkan untuk semua siswa dan gratis. Sedangkan sekolah swasta diperuntukkan untuk siswa dari keluarga yang mampu.

Baca juga: Siswa tidak mampu di Jawa Barat gratis biaya sekolah swasta

"Jadi orang seperti Mas Menteri akan heran sekolah negeri lebih bagus dari swasta, karena beliau lulusan luar negeri," terang Indra.

Rendahnya mutu sekolah swasta tersebut, juga diperparah dengan regulasi yang menyamaratakan antara sekolah swasta dan negeri. Padahal sekolah swasta berbeda dengan sekolah negeri, yang sekolah swasta membayar sedangkan sekolah negeri gratis. Untuk itu, Indra meminta agar ada aturan sendiri untuk sekolah swasta.

"Buatlah aturan untuk sekolah swasta, dan bisa kita lihat hasilnya dalam waktu dekat," kata dia lagi.

Selama ini, lanjut dia, sekolah swasta diminta untuk menerima siswa dari keluarga tidak mampu. Sedangkan sekolah negeri diisi oleh siswa dari keluarga kaya.

Indra juga meminta pemerintah untuk meniru metode Amerika Serikat dalam mengelola sekolah swasta, dimana sekolah swasta dijadikan "charter school. Dengan metode tersebut, sistem pengelolaannya swasta namun anggarannya berasal dari pemerintah.

Untuk itu, Indra meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara bersama-sama memberikan perhatian pada sekolah swasta. Hal itu dikarenakan selama ini sekolah swasta telah berkontribusi banyak pada sektor pendidikan.

"Jauh sebelum adanya Indonesia merdeka, sekolah swasta telah berkontribusi banyak pada kemajuan pendidikan kita," cetus Indra.

Baca juga: Disdik Tabanan minta dispensasi terkait membeludaknya siswa baru

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar