Kupang (ANTARA) - Lima unit rumah penduduk di Desa Uiboa, Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur hancur total akibat diterjang angin puting beliung yang melanda daerah itu, Selasa (10/12) pukul16.00 wita.

Kepala Desa Uiboa, Yos Pan Bela yang dikonfirmasi Antara dari Kupang, membenarkan adanya peristiwa bencana alam angin puting beliung yang merusak lima unit rumah penduduk di Pulau Semau itu.

"Data sementara ada lima unit rumah penduduk yang rusak total akibat diterjang angin puting beliung," kata Yos.

Baca juga: Belasan rumah di Kupang rusak diterjang angin puting beliung

Ia mengatakan, bencana alam angin puting beliung terjadi saat hujan lebat menguyur daerah itu. "Peristiwa itu terjadi begitu cepat saat Desa Uiboa diguyur hujan lebat disertai angin puting beliung," kata Yos.

Menurut dia, semua atap bangunan rumah rusak karena diterbangkan angin puting beliung.

Dikatakannya, semua perangkat Desa Uitau masih berada di lapangan untuk melakukan pendataan terhadap kerusakan yang terjadi akibat angin puting beliung.

Sementara itu Ketua RT 11/RW V, Desa Uiboa, Mikael Tihu mengatakan, semua korban bencana alam angin puting beliung yang rumahnya rusak akibat puting beliung memilih bertahan di bawah pohon.

"Warga yang menjadi korban bencana masih bertahan di bawah pohon, karena rumah yang mereka tempati semuanya hancur total," kata Mikael Tihu. 

Baca juga: Diterjang angin puting beliung, dua SD di Kabupaten Kupang-NTT rusak berat

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019