Bawaslu Bangka Barat gandeng komunitas kawal Pilkada 2020

Bawaslu Bangka Barat gandeng komunitas kawal Pilkada 2020

Sosialisasi pengawasan Pilkada 2020 kepada anggota komunitas diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Bangka Barat di Mentok, Selasa (10/12). (babel.antaranews.com/ Donatus DP)

Mentok, Babel (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng sejumlah anggota komunitas untuk ikut berperan aktif dalam pengawasan demi suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020.

"Kami berharap sosialisasi ini memberikan tambahan wawasan bagi para anggota komunitas sehingga mereka juga bisa menjadi mitra dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada 2020," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio F Pahlevi di Mentok, Selasa.

Sosialisasi yang digelar di ruang rapat KWP Mentok tersebut diikuti sekitar 60 anggota berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Bangka Barat dengan narasumber para komisioner Bawaslu Kabupaten dan Kapolres Bangka Barat.

Menurut dia, sosialisasi kepada para anggota komunitas penting dilakukan untuk memberikan pemahaman pentingnya peran serta aktif masyarakat dalam pengawasan seluruh tahapan pelaksanaan pemilu.

"Mereka merupakan mitra kami dan bisa menjadi agen pengawasan di tempat tinggal masing-masing, hal ini sesuai dengan keinginan kami dalam mewujudkan semangat bersama rakyat awasi pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan," ujarnya.

Menurut dia sosialisasi peran aktif warga dalam pengawasan pemilu akan terus dilakukan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengawal pelaksanaan pemilu agar berjalan sukses sesuai regulasi yang berlaku.

Sosialisasi juga dimaksudkan untuk menjalin silaturahim bersama lembaga dan kelompok masyarakat untuk memudahkan komunikasi yang akan bermanfaat dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2020.

"Kami optimistis dengan adanya peran aktif masyarakat akan menjadikan proses demokrasi berjalan dengan lebih baik," katanya.

Baca juga: KPU Bangka Barat tetapkan 25 calon terpilih anggota DPRD kabupaten

Baca juga: KPU Bangka Barat gelar simulasi perhitungan perolehan kursi parpol

Baca juga: Partisipasi pemilih Bangka Barat mencapai 82 persen

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar