Kerja sama Pertamina dengan BUMN Karya ini sebagai upaya Pertamina untuk terus meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta sekaligus meningkatkan keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri, sehingga akan mendukung pertumbu
Jakarta (ANTARA) - Pertamina melakukan sinergi dengan BUMN Karya untuk terus memperkuat keandalan pasokan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri.

Sinergi tersebut tertuang dalam kesepakatan kerja sama Pertamina dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk pembangunan pipa BBM dan gas pada right of way (ROW) atau sempadan di sepanjang jalan tol, baik yang eksisting maupun jalur tol baru, serta dengan PT PGN Tbk untuk kerjasama pada jalur pipa gas bumi, berdasarkan informasi tertulis  di Jakarta, Selasa.

Perjanjian kerja sama dengan PT Jasa Marga ditandatangani Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, sementara kerja sama dengan PT Wijaya Karya ditandatangani oleh Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dan Direktur Human Capital dan Pengembangan Wijaya Karya, Novel Arsyad.

Gandhi Sriwidodo juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Redy Feryyanto.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina berkomitmen selalu meningkatkan keandalan distribusi BBM dan gas di seluruh Tanah Air dengan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur energi di seluruh wilayah Indonesia.

"Kerja sama Pertamina dengan BUMN Karya ini sebagai upaya Pertamina untuk terus meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta sekaligus meningkatkan keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri, sehingga akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di berbagai sektor," ujar Nicke setelah penandatanganan kerja sama Sinergi BUMN itu.

Pertamina akan memperoleh benefit berupa percepatan pembebasan lahan, yang menjadi salah satu tahapan terbesar dalam pembangunan infrastruktur energi. Beberapa pipa yang akan dibangun, akan lebih memudahkan Pertamina dalam melakukan distribusi BBM yang lebih aman dan juga lebih andal.

“Pembangunan pipa ini akan memperkuat keandalan pasokan BBM dan gas di Jawa, Sumatera dan Kalimantan serta akan mempercepat distribusi BBM ke masyarakat, sehingga tidak ada lagi yang namanya kelangkaan. Dengan menggunakan pipa ini, pasokan BBM di daerah tersebut juga akan lebih terjamin,” imbuh Nicke.

Nicke menambahkan, di bagian utara Jawa saat ini telah terdapat jalur pipa yang menghubungkan Kilang Balongan sampai ke TBBM Plumpang di Jakarta. Sedangkan di selatan Jawa telah dibangun pipa yang menghubungkan Kilang Cilacap sampai ke Semarang Jawa Tengah yang akan disambung hingga Surabaya. Selanjutnya akan dibangun jalur Cikampek - Padalarang yang akan menghubungkan pipa di utara dan selatan Jawa, sehingga terdapat closed loop pipa BBM di Pulau Jawa.

Selanjutnya di Sumatera, akan dibangun jalur pipa yang menghubungkan Kilang Plaju ke TBBM Jambi kemudian dari Kilang Dumai ke TBBM Siak.

Di Kalimantan, Pertamina juga berencana membangun pipa BBM yang akan menghubungkan Kilang RU V Balikpapan hingga TBBM Samarinda, terutama untuk mendukung rencana pemindahan ibu kota dan jalur pipa gas ruas Sanipah-Balikpapan.

Baca juga: Pertamina--Inalum bangun pabrik bahan baku alumunium

Baca juga: Ahok dan Nicke temui Presiden Jokowi, ini yang dibahas

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019