Kabupaten Bogor kukuhkan 40 Bunda Literasi Kecamatan

Kabupaten Bogor kukuhkan 40 Bunda Literasi Kecamatan

Sebanyak 40 Bunda Literasi dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor dikukuhkan di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (10/12/2019). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Bunda Literasi yang baru dikukuhkan diharapkan menjadi motivator
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mengukuhkan 40 Bunda Literasi dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor, sebagai langkah meningkatkan angka minat baca warga Kabupaten Bogor.

"Bunda Literasi yang baru dikukuhkan diharapkan menjadi motivator untuk seluruh pihak terkait di kecamatan," ujar Bunda Literasi Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiah usai pengukuhan di Kantor Dinas Arsip dan Perpusatakaan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa.

Perempuan yang juga merupakan istri Wakil Bupati Bogor itu berharap para bunda kecamatan bisa menebarkan virus gemar membaca, yang selanjutnya diturunkan kepada desa-desa di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Perpusnas luncurkan buku perjalanan meningkatkan literasi masyarakat

"Bunda Literasi dari 40 kecamatan saat ini sudah siap dengan program kerja untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Bogor. Untuk mendongkrak minat baca tersebut saat ini sudah siap baik regulasi maupun infrastruktur," bebernya.

Ia mengatakan, program-program peningkatan minat baca sudah tertuang dalam program utama Pemkab Bogor, yakni Pancakarsa. Salah satunya yaitu pameran dan sosialisasi bunda literasi ke 10 titik kecamatan di tahun 2020.

“Kiprah Bunda Literasi ini tidak hanya sampai kegiatan ini selesai, tetapi terus dilanjutkan untuk mendukung Karsa Bogor Cerdas, yang menjadi salah satu program Pancakarsa Kabupaten Bogor,” kata Halimatu Sadiah.

Baca juga: Perkuat literasi keuangan guna cegah penyebaran investasi bodong

Di samping itu, upaya lainnya meningkatkan minat baca warga Kabupaten Bogor yaitu menyiapkan perpustakaan keliling di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tingkatkan literasi, Pemprov Jabar hibahkan 24 Motor Baca

Komentar