Liga Champions

Lyon imbangi Leipzig dan raih tiket ke 16 besar

Lyon imbangi Leipzig dan raih tiket ke 16 besar

Pemain Lyon Lucas Tousart (kanan) berduel di udara dengan pemain RB Leipzig Amadou Haidara (kiri) dalam pertandingan Grup G Liga Champions yang dimainkan di Stadion Groupama, Lyon, Selasa (10/12/2019 ). (ANTARA/REUTERS/EMMANUEL FOUDROT)

Jakarta (ANTARA) - Lyon bermain imbang 2-2 dengan RB Leipzig dalam pertandingan Grup G Liga Champions yang dimainkan di Stadion Groupama, Lyon, Selasa (Rabu WIB), dan meraih tiket ke putaran 16 besar.

Tambahan satu poin membuat Leipzig, yang sudah lebih dulu dipastikan lolos ke putaran sistem gugur, menutup fase grup sebagai juara Grup G dengan koleksi 11 poin, diikuti Lyon di peringkat kedua dengan delapan poin, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Baca juga: Liverpool pecundangi dan singkirkan Salzburg menuju 16 besar

Leipzig memegang kendali permainan sejak awal, dan mereka mendapat hadiah penalti saat pertandingan baru berusia sembilan menit.

Kiper Lyon Anthony Lopes dinyatakan menjatuhkan Yussuf Poulsen. Wasit Anthony Taylor kemudian menggunakan bantuan VAR untuk mengambil keputusan, dan setelah melihat rekaman kejadian, ia memutuskan untuk memberikan penalti kepada tim tamu.

Emil Forsberg yang bertindak sebagai algojo melakukan tugasnya dengan sempurna. Sepakannya ke sudut kiri bawah gawang tidak dapat diantisipasi kiper Lopes.

Lyon tidak banyak bereaksi setelah kemasukan gol penalti itu. Peluang bagus hanya didapat melalui sundulan melebar Lucas Tousart menyambut umpan silang Mendes.

Leipzig memiliki peluang bagus untuk menggandakan keunggulan. Mereka berada dalam situasi tiga lawan dua di area pertahanan Lyon. Poulsen kemudian mengirim umpan terobosan kepada Werner, namun Lopes keluar dari sarangnya untuk menutup pergerakan sang penyerang.

Tim tamu benar-benar menggandakan keunggulan pada menit ke-32. Christopher Nkunku dijatuhkan Tousart dari belakang, dan meski sedikit terlambat, wasit Taylor menunjuk titik putih. Kali ini Timo Werner yang bertindak sebagai eksekutor, dan ia menjalankan tugasnya tanpa kesalahan. Keunggulan dua gol bagi Leipzig bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Trigol Milik ke gawang Genk antar Napoli melenggang

Lyon baru mampu membalas satu gol pada menit ke-50. Hossem Aouar bergerak memotong ke sisi kanan, dan melepaskan tembakan melengkung ke sudut kanan jauh gawang Leipzig.

Berhasil memperkecil ketertinggalan membuat Lyon semakin percaya diri. Leipzig mendapatkan peluang lewat Forsberg yang merangsek ke kotak penalti Lyon, namun tembakannya hanya menghasilkan tendangan gawang.

Peluang bagus menjadi milik Lyon saat tendangan bebas Memphis Depay mengarah ke tiang dekat. Depay kembali mendapatkan peluang saat sepakannya masih dapat ditahan kiper Gulacsi.

Tuan rumah akhirnya menyamakan kedudukan delapan menit sebelum peluit panjang berbunyi. Houssem Aouar mengirim umpan silang dan Depay menggunakan tubuhnya untuk menguasai bola, dan melepaskan tembakan mendatar menuju sudut bawah gawang.

Baca juga: Ansu Fati menangkan Barcelona dan kubur mimpi Inter ke fase gugur

Susunan pemain:

Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopes, Kenny Tete, Joachim Andersen, Jason Denayer, Rafael (Fernando Marcal 73'), Thiago Mendes, Lucas Tousart (Jeff Reine-Adelaide 64'), Martin Terrier (Marcelo 87'), Memphis Depay, Houssem Aouar, Moussa Dembele

RB Leipzig (4-42): Peter Gulacsi, Nordi Mukiele, Lukas Klostermann, Dayot Upamecano (Ethan Ampadu 55'), Marcelo Saracchi, Christopher Nkunku (Konrad Laimer 75'), Amadou Haidara, Diego Demme, Emil Forsberg, Yussuf Poulsen, Timo Werner (Mattheus Cunha 55')

Baca juga: Bekuk Slavia dengan 10 pemain, Dortmund lolos ke 16 besar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar