Kemarin, B30 diluncurkan Desember sampai penyelamatan Jiwasraya

Kemarin, B30 diluncurkan Desember sampai penyelamatan Jiwasraya

Sampel bahan bakar biodiesel B30. (ANTARA/Chairul Rohman)

Masih 0,23 persen cukup berat. Apakah jumlah ini sesuai dengan target kita? Tentu jawabannya belum.
Jakarta (ANTARA) -

Kementerian BUMN menyebutkan akan meluncurkan B30 pada Desember 2019 sampai informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa akan dibentuk anak perusahaan Jiwasraya Putra untuk menyelamatkan asuransi Jiwasraya.


Berikut lima berita ekonomi yang layak untuk disimak :

1. Kementerian BUMN: biodiesel B30 akan diluncurkan Desember ini

Kementerian BUMN mengungkapkan penggunaan bahan bakar minyak solar dengan campuran 30 persen nabati sawit atau biodiesel B30 akan diluncurkan pada Desember ini.

"Diluncurkan Desember ini. Nanti kalau sudah dekat, akan saya beri tahu," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa.


Berita selengkapnya di sini


2. Tol layang Japek, Menteri PUPR: Siap diresmikan 12 Desember

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan tol layang Jakarta-Cikampek telah siap dan dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis 12 Desember 2019.

"Insya Allah sudah bisa selesai Rabu (11/12) sore. Jadi paginya saya akan melapor kepada Sekretariat Presiden, siap diresmikan pada Kamis 12 Desember," ujar Menteri Basuki saat meninjau Tol Layang Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa malam.


Simak artikel selengkapnya



3. Pertamina--Inalum bangun pabrik bahan baku alumunium

Pertamina dan PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum (Persero) sepakat menandatangani Joint Venture Development Agreement (JVDA) untuk membangun perusahaan patungan pabrik pengolahan bahan baku utama aluminium yakni Calcined Petroleum Coke (CPC) atau yang dikenal juga dengan kokas.

Nota kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Inalum, Orias Petrus Moedak, kata keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.


Berita selengkapnya di sini



4. Dirjen Pajak sebut pertumbuhan penerimaan pajak cukup berat pada 2019


Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo menyebutkan pertumbuhan penerimaan pajak 2019 cukup berat yaitu hingga Oktober hanya tumbuh sebesar 0,23 persen (yoy) atau jauh lebih rendah dibandingkan periode sama 2018 yaitu 16 persen (yoy).

“Masih 0,23 persen cukup berat. Apakah jumlah ini sesuai dengan target kita? Tentu jawabannya belum,” katanya dalam acara Dialog Perpajakan, di Kantor DJP, Jakarta, Selasa.


Artikel selengkapnya di sini



5. OJK sebut Jiwasraya akan diselamatkan anak usaha


Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan diselamatkan oleh anak usaha yang baru dibentuk yakni Jiwasraya Putra yang sudah diberikan konsesi untuk menangani asuransi beberapa perusahaan BUMN.

"Jiwasraya Putra akan menarik investor karena ini bisnisnya sudah ada sehingga dari hasil itu nanti bisa untuk top up cashflow (menambah kas)," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Jakarta, Selasa.



Berita selengkapnya di sini

Baca juga: Luhut: jika tidak replanting, kita berhenti di B50
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden sebut B30 jadikan Indonesia mandiri

Komentar