Menperin konsisten dukung pengembangan B30

Menperin konsisten dukung pengembangan B30

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat memberi sambutan pada ‘Semarak Festival IKMA 2019’ di Jakarta, Rabu (11/12/2019). ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta.

sebagai bangsa harus menuju pada satu kondisi yang ramah lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita konsisten mendukung pengembangan biodiesel 30 persen atau B30 di dalam negeri untuk ketahanan industri kelapa sawit nasional.

“B30 tentu harus kita dorong, bukan hanya B30 tapi sampai B100. Karena, pertama kita memang sebagai bangsa harus menuju pada satu kondisi yang ramah lingkungan,” kata Menperin ditemui usai menghadiri ‘Semarak Festival IKMA 2019’ di Jakarta, Rabu.

Selain itu, lanjut Agus, Indonesia memiliki bahan baku yang mencukupi dan memadai untuk diolah menjadi bahan bakar ramah lingkungan.

Baca juga: Pengamat tekankan pentingnya konsisten terhadap program B30

“Kelapa sawit kita banyak sekali, sehingga kita mengambil semua dari dalam negeri untuk membangun B30 dan B100,” ujar Agus.

Agus menegaskan bahwa Indonesia tidak perlu khawatir untuk mencari pasar di luar negeri dalam menjual maupun memanfaatkan produk kelapa sawit nasional.

Baca juga: Kementerian BUMN: Biodiesel B30 akan diluncurkan Desember ini

Sejak dilantik sebagai Menteri Perindustrian, Agus menyampaikan komitmennya untuk menjalankan amanah Presiden Joko Widodo dalam menuntaskan program biodiesel hingga 100 persen.

Program ini merupakan lompatan dari B20, dan yang belum sempat diselesaikan di periode pertama Presiden Jokowi.

"Yang pasti saya ditugaskan secepat mungkin untuk menyelesaikan B100," pungkas Agus.

Baca juga: Indonesia pengaruhi sejumlah negara gunakan biodiesel
Baca juga: Setelah B30, pemerintah dorong penggunaan green fuel


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden sebut B30 jadikan Indonesia mandiri

Komentar