Jakarta (ANTARA) - Pelatih yang baru dipecat Napoli, Carlo Ancelotti menjadi kandidat favorit baru Everton untuk menggantikan Marco Silva sebagai pelatih.

Namun, Arsenal juga dapat memberikan kompetisi kuat bagi klub Merseyside itu dalam mengejar tanda tangan Ancelotti, yang dipecat meski mengamankan Napoli ke 16 besar Liga Champions dengan kemenangan 4-0 atas Genk.

Baca juga: Napoli pecat Ancelotti justru setelah loloskan ke Liga Champions

Baca juga: Tak ada penyesalan bagi Ancelotti dan Napoli


Everton telah melakukan pembicaraan dengan pelatih Vitor Pereira mengenai kontrak 2 setengah tahun untuk menggantikan Silva, tetapi ia memutuskan untuk bertahan di klub Cina Shanghai SIPG setelah klub tersebut menawarkan perpanjangan kontrak.

Everton sekarang siap untuk melakukan pendekatan ke Ancelotti, sedangkan mantan gelandang sekaligus asisten Pep Guardiola, Mikel Arteta menjadi kandidat kuat mengisi posisi pelatih di Arsenal.

Baca juga: Everton pecat pelatih Marco Silva

Namun, status Ancelotti saat ini dan rencana Everton untuk menawarkannya posisi pelatih, akan menarik perhatian Arsenal.

Pelatih asal Italia berusia 60 tahun itu diperkirakan akam kembali ke Inggris dan ia mungkin ingin mengetahui seberapa besar The Gunners tertarik padanya sebelum menerima tawaran Everton.

Baca juga: Ancelotti ingin kembali ke Liga Inggris

Sudah lebih dari delapan tahun sejak Ancelotti dipecat oleh Chelsea setelah memenangkan Liga Premier Inggris dan Piala FA selama dua musim di sana.

Sejak itu Ancelotti sudah melatih Paris St-Germain, Real Madrid dan Bayern Munchen. Ia bergabung dengan Napoli pada Mei tahun lalu, menggantikan Maurizio Sarri.
 
Ekspresi pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, saat mendampingi timnya menghadapi Arsenal dalam laga pertama perempat final Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis (11/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Eddie Keogh)


Baca juga: Bayern pecat pelatih Ancelotti setelah dipermalukan PSG

Meski memimpin Napoli ke posisi kedua Serie A di belakang Juventus di musim pertamanya, Ancelotti dipaksa untuk berurusan dengan masalah di luar lapangan.

Ketua klub, Aurelio De Laurentiis terkenal sering berselisih dengan sejumlah pelatih Napoli termasuk Sarri.

Media-media Italia yang dilansir Telegraph pada Rabu (11/12) mengatakan bahwa Ancelotti sudah pasti dipecat apa pun hasil dari pertandingan melawan Genk di Liga Champions, dengan Gennaro Gattuso diperkirakan akan menggantikannya.

Selain Ancelotti, Everton telah berbicara dengan mantan pelatih Arsenal Unai Emery, yang bisa menjadi alternatif bila gagal mendapatkan Ancelotti.

Nama mantan pelatih Spurs Mauricio Pochettino juga sangat dipertimbangkan oleh manajemen Everton.

Baca juga: Ancelotti ungkap kehidupan pribadi

Baca juga: Ancelotti keluhkan perilaku kasar penonton Italia


 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019