Kami akan memantau 51 pelabuhan, hampir 1.300 kapal yang kami siapkan
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Purnomo akan menyiapkan hampir 1.300 kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami akan memantau 51 pelabuhan, hampir 1.300 kapal yang kami siapkan," ujar Agus Purnomo di Jakarta, Rabu/

Agus mengatakan bahwa kapal-kapal tersebut akan difokuskan di daerah timur seperti Papua, Maluku, Sulawesi Utara, dan sebagainya.

"Jadi beberapa rute kapal yang besar sudah kita fokuskan ke sana  mulai tanggal 18 Desember," katanya.

Sebelumnya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memperkirakan adanya kenaikan penumpang sebanyak 5,8 persen selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan bahwa tren peningkatan pelanggan saat Natal dan Tahun Baru rata-rata 13 persen sejak 2016 hingga 2018 dan kenaikan tertinggi diprediksi akan terjadi pada H-4 tanggal 21 Desember 2019, sedangkan untuk pasca Natal akan jatuh pada H+11, tanggal 5 Januari 2020

Selama Natal dan Tahun Baru, Pelni akan mengoperasikan 26 kapal trayek Nusantara dengan kapasitas terpasang 55.668 penumpang.  Dari jumlah tersebut 34.309 penumpang merupakan kapasitas reguler, sisanya sebanyak 21.359 penumpang kapasitas dispensasi.

Yahya menjelaskan prediksi kenaikan itu diantisipasi pihaknya dengan melakukan docking (perawatan) untuk seluruh kapal, penyesuaian jadwal dan rute pada sejumlah kapal Pelni untuk menyiasati keterbatasan armada, dan meningkatnya permintaan angkutan kapal pada Natal dan Tahun Baru.

Selain itu juga menambah kapasitas angkutan penumpang yang  tetap sesuai dengan peraturan pelayaran yang berlaku dan di bawah perizinan dari Kemenhub.

Penambahan kapasitas angkut tersebut dibarengi dengan jumlah alat- alat keselamatan yang berada di atas kapal, yang terdiri atas lifeboat sebanyak 230 unit, lifebouy 451 unit, lifejacket 72.140 unit, liferaft 1.885 unit untuk kapal trayek Nusantara.

Baca juga: Pelni perkirakan kenaikan penumpang 5,8 persen selama Natal-Tahun Baru

Baca juga: Penumpang kapal diperkirakan naik 1,84 persen saat Natal-Tahun Baru


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019