Kupang (ANTARA) - Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang pada tahun 2020 mendatang akan mengalami kenaikan tingkat dari tingkat empat menjadi tingkat tiga, kata Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah Kupang Korem 161/Wirasakti Kupang, Letkol Ckm Imanuel Purba, di Kupang, Rabu.

"Rumah sakit ini segera mengalami kenaikan tipe yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 nanti, namun masih dalam pembahasan bersamaan dengan kedatangan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa untuk meninjau kondisi rumah sakit ini," katanya kepada wartawan di Kupang.

Ia mengatakan dalam kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, pihaknya memaparkan semua hal yang berkaitan dengan RS tersebut.

Bahkan ujar dia untuk menunjang peningkatan tipe RS TNI AD tersebut, akan ada beberapa ruangan RS tersebut yang akan direnovasi dan direncanakan akan dilakukan juga antara tahun 2020 atau 2021.

"Untuk renovasinya rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 atau 2021, dan tadi memang sempat dibahas dengan pak Kasad," ujar dia.

Terkait peningkatan tipe RS tersebut juga ujar dia sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa RST Wirasakti layak untuk berapa pada tipe C.

Dalam kesempatan tersebut ujar dia, Komandan berbintang empat Andika Perkasa juga mengharapkan agar sejumlah prajurit TNI serta PNS yang bekerja di RS tersebut harus bisa bekerja bagi masyarakat.

"Tadi komandan berpesan agar prajurit TNI harus berguna bagi masyarakat, hal itu karena hadirnya TNI karena adanya masyarakat," ujar dia.

Dalam kunjungan kerjanya di hari ketiga Kasad juga menyempat diri menyambangi sejumlah pasien yang dirawat di RS tersebut, dan sempat berbincang-bincang dengan pasien.

Kasad bersama istri Hetty Andika Perkasa juga menyapa sejumlah warga yang mengikuti acara bakti sosial TNI AD di RS tersebut, dan memberikan sejumlah bingkisan kepada anak-anak yang ditemui di RS tersebut.

Baca juga: TNI AD bangun rumah sakit tentara di Manokwari

Baca juga: KSAD: komersialisasi Bandara Gatot Subroto dorong perkembangan daerah

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019