Golf

Woods duet dengan Thomas untuk membuka penampilan AS di Piala Presiden

Woods duet dengan Thomas untuk membuka penampilan AS di Piala Presiden

Pegolf AS Tiger Woods melakukan pukulan tee shot di hole kesepuluh pada putaran terakhir turnamen Hero World Challenge di Albany, Nassau, Bahama, 7 Desember 2019. (ANTARA/AFP/Mike Ehrmann)

Jakarta (ANTARA) - Kapten tim AS Tiger Woods akan tampil paling awal saat timnya memulai perjuangan untuk mempertahankan gelar Piala Presiden, setelah pada Rabu ia memilih dirinya sendiri dan Justin Thomas untuk pertandingan pembukaan di Royal Melbourne.

Woods dan pegolf peringkat empat dunia Thomas akan melakukan tee off pertama pada Kamis, melawan Marc Leishman asal Australia dan Joaquin Niemann asal Chile yang membela tim Internasional.

"Menurut saya dari sisi kami, kami memiliki rencana permainan yang ingin kami terapkan, dan kami berkomitmen untuk menempatkan Justin dan saya sendiri di sana," kata Woods seperti dilansir AFP.

"Saya memiliki kesempatan untuk bermain penuh kemarin. Bermain lebih sedikit pada hari ini. Hanya untuk berusaha mendapatkan feeling di lapangan golf ini," tambahnya.

Wakil kapten Fred Couples mengatakan menjelang undian bahwa ia berharap Woods akan bermain setidaknya untuk tiga pertandingan selama empat hari pada turnamen golf dua tahunan itu.

Woods memiliki rekor 24 kemenangan, 15 kekalahan, dan satu kali half sepanjang partisipasinya di Piala Presiden. Rekornya hanya kalah tajam dari Phil Mickelson yang mengoleksi 26 kemenangan.

Steve Stricker akan menjadi kapten saat ia berada di lapangan.

Woods bersikap membela Patrick Reed untuk undian hari pertama, setelah rekannya itu dihukum penalti dua stroke karena melakukan pelanggaran di Bahama pekan lalu.

Baca juga: Tiger Woods tidak mau bahas pelanggaran yang dilakukan Patrick Reed

Namun kapten tim Internasional Ernie Els telah mencoret pegolf Australia Cameron Smith yang sempat memanaskan suasana dengan menyebut Reed sebagai sosok yang curang.

Li Haotong asal China serta Rickie Fowler dan Matt Kuchar asal AS merupakan pegolf-pegolf lain yang tidak bermain pada Kamis.

Reed akan bermitra dengan Webb Simpson melawan Hideki Matsuyama asal AS dan debutan asal Taiwan CT pan pada pertandingan keempat, di lapangan yang memiliki reputasi sebagai pemilik "green" tercepat di dunia.

Pegolf Kanada Adam Hadwin dan Im Sung Jae asal Korea Selatan (Korsel) akan tampil di tee off kedua melawan Xander Schaufelle dan Patrick Cantlay.

Penampilan mereka disusul oleh pegolf veteran Australia Adam Scott yang bermitra dengan debutan Korsel An Byeong Hun, melawan Bryson DeChambeau dan Tony Finau.

Pertandingan lain mempertemukan pendatang baru asal Meksiko Abraham Ancer dan Louis Oosthuizen asal Afrika Selatan, melawan juara US Open Gary Woodland dan mantan pegolf peringkat satu dunia Dustin Johnson.

Els memiliki tim muda, di mana lima dari tujuh pegolf rookienya tampil pada hari pembukaan. Els mengatakan meninggalkan Smith di depan para penggemar tuan rumah merupakan bagian dari gambaran yang lebih besar.

"Saya akan katakan apa yang sebenarnya terjadi pada Minggu malam, namun kami memiliki sistem yang kami ikuti dan saya tidak dapat membiarkan ada yang tidak keluar jalur," ucapnya.

Tim Internasional baru satu kali memenangi gelar tersebut, namun prestasi itu terjadi pada 1998 di Royal Melbourne. Kedua kapten pun memiliki kenangan indah di lapangan golf itu.

Els memegang rekor 60 set pada 2004, sedangkan Woods memasukkan putt kemenangan untuk tim AS di lapangan itu pada 2011.

Hari kedua turnamen pada Jumat akan menampilkan lima pertandingan foursome.

Sedangkan pada Sabtu akan dimainkan empat pertandingan fourball dan empat pertandingan foursome, sebelum 12 pertandingan tunggal pada Minggu.

Dengan satu poin diberikan untuk tiap kemenangan, maka tim pertama yang memenangi 15 1/2 poin akan dinobatkan sebagai juara.

Baca juga: Tiger Woods tidak mau bahas pelanggaran yang dilakukan Patrick Reed

Baca juga: Tiger Woods kembali tolak turnamen golf Arab Saudi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden inginkan seluruh stadion untuk Piala Dunia U-20 terhubung sarana transportasi

Komentar