Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50.000 peserta akan mengikuti turnamen Mobile Premier League (MPL) pada ajang Piala Presiden Esports 2020 yang memperebutkan hadiah total Rp250 juta.

CEO Mobile Premier League (MPL) Indonesia Joe Wadakethalakal menjelaskan bahwa 50.000 peserta yang terdaftar di MPL Piala Presiden Esports 2020 akan memainkan satu gim kasual bernama Fruit Dart.

“Dalam Piala Presiden Esports 2020, MPL menghadirkan gim Fruit Dart karena gim seru ini dapat dimainkan secara perorangan,” ujar Joe dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

“Dengan menghadirkan gim ini, MPL ingin melakukan demokratisasi esports sehingga siapapun dengan berbagai latar belakang kemampuan bermain gim yang berbeda dapat mengikuti turnamen ini. Jadi, bukan hanya untuk gamers professional saja,” kata Joe.

Baca juga: Piala Presiden Esport 2020 akan pertandingkan gim lokal

Fruit Dart merupakan gim yang mengharuskan pemainnya menghabiskan semua buah yang muncul dengan cara melempar pisau ke arah buah sebanyak mungkin dan mencetak skor tinggi dalam waktu yang ditentukan. Pemenang ditentukan berdasarkan skor tertinggi yang dihitung dari jumlah buah yang berhasil terpotong, termasuk combo yang didapatkan.

Turnamen MPL Piala Presiden Esports 2020 ini terbagi ke dalam tiga tahapan seleksi. Tahap pertama, seleksi dilakukan di aplikasi MPL yang bernama “Turnamen Seleksi Piala Presiden 2020.” Pada tahap itu akan dicomot 128 pemain dengan skor tertinggi untuk bisa mengikuti seleksi berikutnya yang dibagi ke dalam dua wilayah, yakni Barat dan Timur.

Selanjutnya, pemain akan bertanding secara langsung di Surabaya (Wilayah Timur) pada 11 Januari 2020 dan Bandung (Wilayah Barat) pada 18 Januari 2020. Pertandingan tersebut akan menggunakan format 1 lawan 1 dengan menggunakan sistem gugur dan tiga terbaik. 16 pemain dengan skor tertinggi di tiap wilayah berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Baca juga: Indonesia juara dunia PUBG Mobile 2019

Memasuki tahap akhir, 32 pemenang akan mengikuti babak Grand Final Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta pada 1-2 Februari 2020.

Berbeda dengan pergelaran pertama yang hanya mempertandingkan satu gim, PPE tahun kedua akan ada tiga gim yang dimainkan yakni Free Fire, eFootball PES 2020, satu gim MPL Fruit Dart.

Piala Presiden Esports 2020 menyediakan total hadiah senilai Rp1,5 miliar.

Baca juga: Piala Presiden Esports 2020 akan jadi panggung bagi gim lokal

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019