Liga Champions

Trigol Gabriel Jesus bawa Man City menang dan pupus mimpi Dinamo lolos

Trigol Gabriel Jesus bawa Man City menang dan pupus mimpi Dinamo lolos

Penyerang Manchester City Gabriel Jesus (kiri) melakukan selebrasi bersama Phil Foden usai mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb dalam laga pemungkas Grup C Liga Champions di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Rabu (11/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Denis Lovrovic)

Jakarta (ANTARA) - Gabriel Jesus mencetak trigol untuk mengantarkan Manchester City melumat Dinamo Zagreb 4-1 dalam laga terakhir Liga Champions Grup C di Stadion Maksimir, Kroasia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Trigol Jesus yang dilengkapi oleh Phil Foden bukan saja membuat The Citizens menutup fase penyisihan grup tanpa kekalahan, tetapi juga memupus mimpi Dinamo lolos ke babak 16 besar.

Man City yang sudah lolos ke babak 16 besar dan memastikan menjadi juara Grup C dengan raihan 14 poin bakal didampingi Atalanta (7) yang di laga lain menang 3-0 di kandang Shakhtar Donetsk (6).

Shakhtar masih mendapat hiburan berupa terlempar ke babak 32 besar Liga Europa, sedangkan Dinamo tersingkir sama sekali dari kancah antarklub Eropa.

Baca juga: Atalanta tandai musim debut Champions dengan lolos ke 16 besar
Baca juga: Guardiola akui City tak bisa saingi tim-tim top Eropa

Dinamo sempat melambungkan harapan untuk lolos ke babak 16 besar setelah mengungguli tamunya lewat gol Dani Olmo saat laga baru berjalan 10 menit. Gol itu lahir dari stiuasi serangan balik yang diakhiri umpan silang Damian Kadzior disambut tendangan voli Olmo demi menaklukkan kiper Claudio Bravo.

Justru keasikan mengurung pertahanan Dinamo, Claudio Bravo mesti memungut bola dari dalam gawangnya terlebih dahulu pada menit ke-10. Berawal dari serangan balik, Dani Olmo sukses mengonversi umpan silang Damian Kadzior lewat sepakan voli yang tak bisa diantisipasi Bravo.

Manchester City mencoba merespon ketertinggalan. Guendogan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, namun sepakan pemain berpaspor Jerman itu masih mampu dipatahkan kiper Dominik Livakovic.

Pada menit ke-28, Olmo hampir mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya jika saja sepakan keras di dalam kotak penalti tidak melambung tinggi.

Baca juga: Barcelona bidik trio Emerson, Olmo dan Ruiz
Baca juga: Guardiola tak terobsesi salip Liverpool, fokus pertandingan


Kerja keras yang ditampilkan City berbuah manis saat Jesus mampu mengonversi umpan silang Mahrez lewat sundulan pada menit ke-34.

Gol penyama kedudukan itu sempat diprotes pemain Dinamo, sebab pasukan Guardiola meneruskan pertandingan saat ada pemain Dinamo yang terkapar. Protes tak mengubah papan skor yang sudah memperlihatkan kedudukan 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Sembilan menit setelah babak kedua dimulai, The Citizens menunjukan kedigdayaannya. Jesus menciptakan dua gol tambahan usai merobek jala gawang Dinamo.

Gol keduanya dicetak lewat sontekan setelah mengelabui satu pemain Dinamo pada menit ke-50. Sementara gol ketiga Jesus dicetak lewat sepakan voli usai menerima umpan silang Benjamin Mendy di sisi kiri pertahanan tuan rumah empat menit kemudia.

Dinamo hampir memperkecil ketertinggalan lada menit ke-76. Stojanovic yang mengirim umpan lambung ke kotak penalti, disambar Olmo namun Bravo masih sigap mengamankan bola.

City justru mampu menambah keunggulan pada menit ke-84. Bernando Silva yang melakukan tusukan di sisi kanan, lalu mengirimkan umpan kepada Phil Foden yang tinggal meneruskannya jadi gol tanpa bisa dibendung kiper Zagreb.

Hingga wasit meniup peluit babak kedua berakhir skor 4-1 untuk kemenangan Manchester City atas Dinamo Zagreb tetap bertahan.

Baca juga: Jadwal Liga Champions malam ini: lima tim berebut dua tiket 16 besar
Baca juga: Skenario kelolosan tim-tim ke babak 16 besar Liga Champions


Susunan pemain:

Dinamo Zagreb (4-3-3): Dominik Livakovic; Petar Stojanovic, Arijan Ademi (c), Emir Dilaver, Francois Moubandje; Amer Gojak (Lovro Majer), Nikola Moro, Dani Olmo; Damian Kadzior (Marko Gjira), Bruno Petkovic, Mislav Orsic (Hajrovic).
Pelatih: Nenad Bjelica

Manchester City (4-3-3): Claudio Bravo; Joao Cancelo, Eric Garcia, Nicolas Otamendi (Harwood-Bellis), Benjamin Mendy; Phil Foden, Rodrigo (Raheem Sterling), Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus (Zinchenko), Bernardo Silva.
Pelatih: Pep Guardiola

Baca juga: Ringkasan Grup E: Liverpool dan Napoli lolos, Salzburg turun kasta
Baca juga: Ringkasan Grup F, Ansu Fati bantu Dortmund ke 16 besar
Baca juga: Ringkasan Grup G, Lyon dampingi Leipzig, Benfica ke Liga Europa
Baca juga: Ringkasan Grup H, Valencia dan Chelsea melenggang, Ajax gagal

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar