Jakarta (ANTARA) - Klub Italia, Atalanta, berhasil mengukir sejarah untuk lolos pertama kalinya sepanjang sejarah 112 tahun berdirinya klub ke fase 16 besar Liga Champions menemani Manchester City yang lebih dulu meraih tiket kelolosan.

Atalanta berhasil melompati Shakhtar Donetsk dan Dinamo Zagreb usai memenangi laga pemungkasnya demi mendampingi Man City ke babak 16 besar dari Grup C.

Sempat terseok-seok kala mengawali kiprahnya di Liga Champions. Tiga gol yang dicetak Timothy Castagne, Mario Palasic, dan Robin Gosens ke gawang Shakhtar Donetsk pada pertandingan pamungkas, dibarengi kekalahan Dinamo Zagreb dari Manchester City membuat Atalanta berhak tampil ke fase gugur.

Kemenangan atas Zagreb membuat mereka menempati posisi kedua dengan raihan tujuh poin di bawah Manchester City yang telah memastikan tiket sejak pertandingan kelima.

Baca juga: Atalanta tandai musim debut Champions dengan lolos ke 16 besar
Baca juga: Trigol Gabriel Jesus bawa Man City menang dan pupus mimpi Dinamo lolos


Sementara The Citizens yang melawat ke markas Dinamo Zagreb, tak ingin catatan mereka ternodai dengan kekalahan. Meski tanpa diperkuat sejumlah pilar penting seperti Raheem Sterling dan Sergio Aguero di Starting IX, City tetap tampil perkasa dihadapan Dinamo Zagreb.

Trigol Gabriel Jesus serta tambahan satu gol Phil Foden membuat mereka memecundangi Dinamo Zagreb 4-1 dan semakin mengokohkan di puncak klasemen Grup C dengan raihan 14 poin dari empat kemenangan dan dua imbang.

Lawan Atalanta dan Man City di babak 16 besar baru akan diundi oleh UEFA pada 16 Desember. Dalam pengundian itu Shakhtar juga akan mengetahui lawan mereka di babak 32 besar Liga Europa.

Baca juga: Jadwal Liga Champions malam ini: lima tim berebut dua tiket 16 besar
Baca juga: Skenario kelolosan tim-tim ke babak 16 besar Liga Champions


Berikut hasil laga pemungkas Grup C Liga Champions yang berlangsung Kamis (12/12) dini hari WIB

Shakhtar Donetsk 0 - Atalanta 3 (Timothy Castagne 66', Mario Pasalic 80', Robin Gosens 90+4')
Dinamo Zagreb 1 - Manchester City 4 (Dani Olmo 10'; Gabriel Jesus 34', 50', 54', Phil Foden 84')

Klasemen akhir Grup C


Baca juga: Ringkasan Grup E: Liverpool dan Napoli lolos, Salzburg turun kasta
Baca juga: Ringkasan Grup F, Ansu Fati bantu Dortmund ke 16 besar
Baca juga: Ringkasan Grup G, Lyon dampingi Leipzig, Benfica ke Liga Europa
Baca juga: Ringkasan Grup H, Valencia dan Chelsea melenggang, Ajax gagal

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019